Nasional

Tahun ini, 23.771 THL Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian Bakal Diangkat

Warta Andalas | Sabtu, 15 Februari 2014 - 15:25:28 WIB | dibaca: 7711 pembaca

WARTA ANDALAS, JAKARTA - Kabar gembira bagi Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP). Karena mulai tahun 2014 ini Pemerintah akan mengangkat 23.771 orang THL-TBPP dan Tenaga Bantu lingkup Kementerian Pertanian  menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), baik yang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

"Dalam pelaksanaannya Rapat Gabungan bersepakat untuk mengangkat 10.000 orang pada tahun 2014 dari Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian," kata anggota DPR RI Darizal Basir, Jumat (14/2) kemarin.

Menurutnya, hasil tersebut didapat setelah rapat komisi IV DPR, Komisi II, komisi XI dan Pemerintah. Kesepakatan itu akan dilakukan secara bertahap dan berbasis evaluasi kinerja, mengacu pada NO 16 tahun 2006 tentang sistem penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan (UUSP3K) dan UU no 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian RI, jumlah tenaga penyuluh PNS hanya 30% dari jumlah petugas penyuluh pertanian yang bekerja pada lini desa binaan. Adapun, sisanya diisi oleh petugas penyuluh yang  berasal dari Tenaga Harian Lepas - Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL TBPP),”ungkapnya.

Dari jumlah keseluruhan petugas yang ada saat ini, lanjut dia, Pemerintah masih kekurangan jumlah petugas sebanyak 21.610 personel untuk bisa memenuhi komposisi 1 penyuluh 1 desa.

Kendala berikutnya adalah, memasuki tahun 2014 dan seterusnya akan semakin banyak penyuluh pertanian PNS yang memasuki masa usia pensiun, yang berarti jumlah penyuluh pertanian akan semakin berkurang,”terangnya lagi.

Sementara itu, sistem perekrutan penyuluh pertanian secara reguler tidak mampu mengimbangi angka penyusutan jumlah penyuluh pertanian PNS. Kekurangan jumlah petugas penyuluh PNS ini sebenarnya dapat dipenuhi oleh penyuluh yang berasal dari THL-TBPP.

Menteri PAN-RB Azwar Abubakar mengingatkan, pengangkatan 23.771 tenaga penyuluh pertanian yang terdiri atas Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) dan Tenaga Bantu lingkup Kementerian Pertanian  tidak bisa dilakukan seperti yang dilakukan terhadap tenaga honorer.

Berdasarkan UU No. 5/2014 tentang ASN, pengangkatan ASN harus melalui seleksi secara terbuka. “Demikian halnya untuk tenaga harian lepas penyuluh ini,” ujar Menteri PAN-RB, Azwar Abubakar. (gus)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)