Sawahlunto

Tahun Depan, BUMDes Andeska Sikalang Targetkan Mesin Perajang Limbah Plastik

Warta Andalas | Senin, 15 Mei 2017 - 07:56:40 WIB | dibaca: 215 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Andeska desa Sikalang kecamatan Talawi kota Sawahlunto Sumatera Barat, mentargetkan untuk dapat memiliki mesin pengolah limbah plastik, tahun 2018 mendatang.

Hal itu disampaikan direktur BUMDes Andeska, May Zulfahmi, di sela kesibukannya mempersiapkan stand pamerannya saat mengikuti BUMDes Expo Nusantara di kota Bukittinggi, yang digelar 13 – 14 Mei lalu yang dibuka langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo.

Menurut May Zulfahmi, sejak didirikannya BUMDes Andeska pada tanggal 2 Juni 2016 silam, at ini perusahaan yang dikelolanya telah memiliki asset sebesar  Rp.724 juta yang ditopang dari 12 bidang usaha, diantaranya Pamsimas, Roti Sandwich, usaha Tempe Tahu Palai Bada, Konfeksi, serta hasil dari usahanya dalam bermitra dengan sejumlah pihak seperti dealer motor, optik Bunga Solok, mesin sumur bor, join agen travel Sawahlunto – Pekanbaru dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah, dalam 10 bulan pertama kami mampu mendapatkan keuntungan bersih sebanyak Rp.5 juta, dengan artian sudah terbayar gaji 12 anggota kami,” sebutnya.

Terkait mesin perajang limbah plastik, ia mengatakan bahwa untuk membeli mesin tersebut dibutuhkan dana sekitar Rp.50 juta.

“Prospek dari penggunaan mesin perajang plastic ini sangat potensial untuk dapat mendongkrak omset kedepan. Selain kami dari pengurus BUMDes, nantinya juga akan berdampak pada masyarakat luas untuk menambah usahanya dengan membuka Bank Sampah,” ujarnya.

Artinya, lanjut May, jika masyarakat bisa membuka bank sampah, maka akan berdampak pada peningkatan atau penambahan penghasilan bagi pendapatan ekonomi masyarakat. (Ince)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)