Sawahlunto

Staf Ahli Pangdam I/BB Tinjau Pelaksanaan Bedah Rumah di Wiayah Kodim 0310/SS

Warta Andalas | Senin, 18 November 2019 - 07:44:08 WIB | dibaca: 10198 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Staf Ahli Pangdam I/Bukit Barisan Bidang Ekonomi, Kolonel Inf. Chandra Wirawan meninjau kegiatan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di kota Sawahlunto, Minggu (17/11/19).

Salahsatunya, adalah bedah rumah yang ada di dusun Sungai Loban desa Muaro Kalaban kecamatan Silungkang, wilayah Koramil 04 Muaro Kalaban - Kodim 0310/SS.

Saat ditemui media di lokasi tersebut, Kolonel Inf. Chandra Wirawan mengatakan bahwa hasil pelaksanaan program bedah rumah di Sawahlunto ini, sudah bagus.

“Saya sebagai peninjau menilai, pelaksanaan bedah rumah ini ya sudah bagus. Rumah yang tadinya tidak pantas, sekarang dibuat menjadi pantes untuk dihuni. Dari pihak keluarganya juga memberikan apresiasi dan bersyukur,” terangnya.

Epada sang pemilik rumah Ia berharap, setelah mendapat bantuan ini agar dipelihara dengan baik, karena dari pemeritah dan Kodim tidak mungkin terus-terusan membantu, dan juga tidak semuanya mendapatkan bantuan.

“Untuk itu, saya minta agar pemilik rumah dapat merawat dengan sebaik-baiknya,”sebut mantan Dandim di Tanah Datar itu.

Pelaksanaan program bedah rumah ini, imbuh dia, merupakan salahsatu wujud kemanunggalan TNI yang tidak bias dipisahkan dengan rakyat,

“Ini merupakansebuah kekuatan yang besar. Kekuatan itu bukan hanya dari senjata saja, akan tapi adalah kebersamaan,” sebutnya.

Sementara itu, Dandim 0310/SS, Letkol Inf. Dwi Putranto, S.A.P., M.I.Pol yang mendampingi tinjauan Staf Pangdam tersebut mengungkapkan bahwa Kegiatan Binter Terpadu Kodim 0310/SS tahun 2019 di wilayah Koramil 04 Muaro Kalaban tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Pemerintah Kota Sawahlunto dan CV. Bara Mitra Kencana (BMK).

“Ini bedah rumah yang dananya berasal dari APBD kota Sawahlunto. Peran TNI di sni adalah membantu degan menyediakan tenaga berupa 12 personil,” terangnya.

Sejah ini, sebut Dandim, untuk pembentukan rumah baru satu kamar bagi masyarakat yang kurang mampu. Untuk kota Sawahlunto, ada 4 rumah yaitu 1 unit rumah di kecamatan Silungkang, 2 unit rumah di kecamatan Barangin, dan 1 unit rumah di kecamatan Talawi.

“Masing-masing rumah, dananya sebesar Rp.18 750 000. Pemerintah memberikan Rp.13 juta, dan ditambah dari dana CSR CV. Bara Mitra Kencana.Dan untuk pengerjaannya, dilaksanakan selama 10 hari,” papar Dandim.

Tampak hadir dalam kesempatan itu, Danramil 04/Muarokalaban Kapten Inf. Suryanto, Dinas PUPR Sawahlunto serta sejumlah instansi terkait lainnya. (ap)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)