Solok

Soroti Maraknya Bangli, DPRD Minta Pemko Solok Tegakkan Perda

Warta Andalas | Selasa, 13 November 2018 - 11:36:27 WIB | dibaca: 323 pembaca

WARTA ANDALAS, SOLOK - DPRD Kota Solok soroti maraknya pendirian bangunan baru, diantara disamping mushola Al Fallah. Sementara Kota Solok sudah memiliki Peraturan Daerah Tentang Tata Ruang serta Peraturan Daerah Tentang Izin Pendirian Bangunan. Artinya setiap bangunan yang bakal didirikan harus mengacu pada tata ruang serta dilengkapi dengan izin mendirikan bangunan yang dikeluarkan oleh pemerintah Kota Solok, setelah melalui uji kelayakan dengan tetap mengacu pada tata ruang Kota Solok.

Amrinof Diaz, Dt. Ula Gadang dari Fraksi Restorasi Nurani Indonesia (RNI) menekankan pada pemerintah Kota Solok untuk mengefektifkan Peraturan Daerah Tentang Tata Ruang dan Perda Izin Mendirikan Bangunan. Dengan Perda ini pemerintah Kota Solok telah memiliki kekuatan hukum dalam menelaah, menguji, melarang, bahkan membongkar bangunan yang menyalahi izin mendirikan bangunan serta tidak sesuai tata ruang.  Dengan dasar hukum ini, tidak ada alasan lagi bagi pemko Solok untuk tidak menindak dan menata keberadaan bangunan yang didirikan tanpa adanya izin mendirikan bangunan. 

Saat ini, ujar Amrinof, bangunan yang berdiri semakin bertambah, termasuk penambahan bangunan pada bangunan yang sudah ada. Dan ini jelas sudah melecehkan pemko Solok dan terindikasi muncul anggapan bahwa pemko tidak ada. Buktinya, banyak bangunan berdiri dan penambahan bangunan tanpa adanya teguran dan penindakan oleh Pemko Solok. "Pemko Solok harus mengefektifkan kewenangannya dan tidak boleh ada kekuatan lainnya diluar pemko dan UU yang bertindak diluar aturan.(Zulfikar)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)