Agam

SMPN 3 Lubuk Basung Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri Tahun 2018

Warta Andalas | Minggu, 23 Desember 2018 - 08:26:16 WIB | dibaca: 1775 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - SMPN 3 Lubuk Basung Kabupaten Agam, meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri tahun 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup atas dedikasi sekolah tersebut dalam bidang penghijauan dan kebersihan sekolah.

Penghargaan itu diterima Kepala SMPN 3 Lubuk Basung, Rusdi, dari Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar, Jumat (21/12) di Gedung Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

“Penetapan itu berdasarkan Surat Kementerian Lingkungan Hidup tanggal 17 Desember 2018 tentang Penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri tahun 2018,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Agam, Hamdi.

Dikatakannya, terpilihnya SMPN 3 Lubuk Basung sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri merupakan prestasi ke-empat Kabupaten Agam sejak 2013. Yaitu, SMAN 2 Lubuk Basung (2013), MTsN IV Angkat Canduang (2015) dan SDN 21 Taluak.

Selain itu, penghargaan lainnya juga sudah banyak diraih oleh sekolah-sekolah di Kabupaten Agam, diantaranya 9 penghargaan Adiwiyata Nasional dan pada kategori Adiwiyata Nasional dan 13 penghargaan Adiwiyata Provinsi.

“Adiwiyata Mandiri ini merupakan sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap pentingnya sekolah untuk melakukan penghijauan,” ujarnya.

Penghargaan ini, menurut dia, juga menunjukkan kebanggaan sekolah di Luhak Agam, yang berhasil meraih penghargaan bergengsi di bidang penghijauan sekolah.

Diharapkan semakin banyak sekolah di Agam ini yang meraih prestasi terutama mendukung program penghijauan sehingga sekolah semakin sejuk, nyaman, indah dan asri.

Menurutnya, program Sekolah Adiwiyata dikembangkan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional hingga mandiri. SMPN 3 Lubuk Basung dinilai telah mengembangkan program sekolah berbudi dan berbudaya lingkungan.

Secara terpisah, Kepala Sekolah SMPN 3 Lubuk Basung, Rusdi, yang dihubungi via ponsel mengungkapkan rasa senang dan bangganya atas perolehan Adiwiyata Mandiri untuk sekolahnya.

Penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras kerjasama seluruh warga sekolah serta perhatian dan dukungan pemerintah daerah.

“Prestasi ini saya persembahkan seluruh warga sekolah dan tentu saja pemerintah daerah yang selaku mendukung berbagai kegiatan program yang dilaksanakan sekolah,” terang Rusdi.(khw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)