Agam

SL-PTT Agam Tingkatkan SDM Kelompok Tani

Warta Andalas | Senin, 13 Januari 2014 - 18:17:53 WIB | dibaca: 911 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (Dispertahornak) Kabupaten Agam,  targetkan akan membina Sumber Daya Manusia (SDM) sebanyak  600 kelompok tani melalui Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tahun 2014.

"Tahun 2013, sebanyak 600 kelompok yang ada, hanya 267 kelompok tani yang aktif melaksanakan SL-PTT di wilayah setempat," kata Kepala Dispertahornak Agam, melalui  Kabid Tanaman Pangan I Gede Nyoman pada wartawan. Senin(13/1).

Dia menjelaskan, bahwa SL-PTT merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan sumber daya manusia dan  menambah pengetahuan petani di bidang pertanian,

"Kegiatan SLPTT ini juga  menunjang upaya dalam peningkatan produksi tanaman pangan di Kabupaten setempat," katanya

Kata dia, dalam pelaksanaan SL-PTT, lanjutnya, para petani akan mendapatkan berbagai pengetahuan dalam budidaya tanaman padi dari para instruktur yang berkompeten di bidang pertanian.

”Sehingga, para petani akan mendapatkan berbagai informasi  mengenai perkembangan dunia pertanian melalui SL-PTT tersebut,”jelasnya.

Tambah dia, selain dapat meningkatkan pengetahuan petani, SL-PTT juga memiliki peran dalam  peningkatan koordinasi antara para petani dengan petugas pertanian dalam mengatasi berbagai kendala yang dihadapi dalam mengelola budidaya tanaman padi sehingga keterpaduan pelaksanaan dalam upaya peningkatan produksi akan berjalan dengan lebih maksimal.

”Dan yang tidak kalah pentingnya adalah SL-PTT merupakan salah satu bentuk pelatihan dalam upaya  percepatan penerapan komponen tekhnologi pertanian,”terangnya.

Pihaknya akan terus berupaya dalam memaksimalkan kegiata SL-PTT tersebut agar Program Peningkatan Beras Nasional(P2BN) yang merupakan Strategi Pembangunan Pertanian Nasional dalam upaya meningkatkan produksi beras tersebut.

”Jika hal itu dapat berjalan maksimal tentunya akan berdampak pula pada tingkat  kesejahteraan para petani di Kabupaten ini,”ujarnya. (jon)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)