Purbalingga

Siswa SMP N 1 Mrebet Melukis Mural Bertema Lingkungan Hidup

Warta Andalas | Senin, 11 Februari 2019 - 09:33:42 WIB | dibaca: 123 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Kerusakan lingkungan hidup saat ini merupakan masalah yang sering terjadi di Indonesia. Mulai dari pencemaran air tanah dan udara, pemanasan global, kerusakan hutan, hingga permasalahan sampah. Banyak faktor yang menyebabkan lingkungan hidup menjadi rusak. Salah satunya kurangnya kesadaran bersama untuk menjaga lingkungan hidup agar tetap sehat.

Berbagai upaya dilakukan untuk menangani permasalahan lingkungan hidup, seperti yang di lakukan SMP N 1 Mrebet. Mereka mempunyai cara tersendiri untuk mengedukasi siswanya akan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan hidup dengan melukis di media dinding atau mural. Kegiatan yang diikuti seluruh siswa kelas IX SMP N 1 Mrebet itu digelar selama dua hari yaitu Jum’at sampai dengan Sabtu (8-9/02/2019).

"Dengan lukisan mural menambah keindahan dinding sekolah dan sebagai media kampanye kepedulian lingkungan hidup," kata Bambang Riadiyanto selaku Kepala Sekolah SMP N 1 Mrebet.

Ia berharap kegiatan tersebut  mengurangi aksi corat-coret yang sering dilakukan siswa baik di meja maupun di tempat lain. Selain itu,  menunjang persiapan sekolah untuk mengikuti lomba sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah. “Kami sediakan ruang untuk siswa berekspresi di tembok belakang kelas dan sebelah gedung serba guna sekolah,” imbuhnya.

Sugiarti, Guru Seni Budaya mengatakan para siswa dibagi kelompok beranggota 6-7 siswa dan masing-masing diberi ruang gambar atau space kurang lebih 2-3 meter.“Kegiatan ini adalah ruang berekspresi bagi siswa untuk melukis dan tentunya bisa menyampaikan pesan yang kuat. Sebelumnya mereka juga harus mengumpulkan sketsa dulu untuk disetujui guru,” pungkasnya. (PI-6)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)