Pendidikan

Siswa SD/MI Purbalingga Bersiap Ikuti Ujian Sekolah

Warta Andalas | Minggu, 11 Mei 2014 - 16:36:59 WIB | dibaca: 1221 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Pelaksanaan ujian nasional (UN) untuk tingkat SLTA telah selesai beberapa waktu yang lalu, sedangkan UN SLTP tinggal melaksanakan UN susulan yang akan dilaksanakan mulai hari Senin hingga Kamis tanggal 12 sampai dengan 15 Mei 2014 mendatang.

Pelaksanaan UN susulan dilaksanakan untuk mengakomodasi para siswa yang pada UN kemarin tidak dapat mengikuti karena suatu hal/berhalangan.

“Besok mulai hari Senin hingga Kamis tanggal 12 sampai dengan 15 akan digelar ujian susulan bagi para siswa yang pada UN kemarin tidak bisa mengikuti karena berbagai hal, seperti sakit dan alasan lain, sehingga mereka harus ikut UN susulan ini,”terang Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga Sarjono, saat mengikuti jalan sehat di alun-alun Purbalingga Minggu (11/5).

Menurut Sarjono, beberapa waktu lalu UN sekolah sudah dilaksanakan, dan diikuti 10.379 siswa yang tercatat sebagai peserta, sedangkan dari jumlah tersebut pada pelaksanaannya ada yang tidak masuk/tidak ikut, terdiri siswa SMP terbuka dan regular, sedangkan untuk SD pada tanggal 19 Mei mendatang akan melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS).

“Berbeda dengan siswa sekolah dasar (SD), pada tahun 2014 ini tidak lagi melaksanakan UN, tapi sebagai gantinya melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS), baik ujian praktek maupun tertulis. UAS praktek akan dilaksanakan  selama lima hari pada Senin 19 hingga 23 Mei,”tuturnya.

Sarjono menerangkan bahwa jumlah peserta UAS tingkat SD/MI di Kabupaten Purbalingga seluruhnya berjumlah 16. 014 anak terdiri dari siswa SD/MI yang ada di Purbalingga, rencananya naskah ujian tersebut akan diambil pada  Kamis (15/5) mendatang, ke percetakan Pura Kudus.

“Pada hari Jum’at tanggal 16 Mei, naskah ujian tersebut akan tiba di Purbalingga dengan pengawalan ketat oleh pihak kepolisian dan Dindik Propinsi Jawa Tengah, mulai dari percetakan hingga tiba di lokasi pengamanannya akan diperketat, sesuai prosedur pada pengamanan UN SMP dan SMA lalu,”jelasnya.

Pengamanan naskah pada hari Sabtu dan Minggu, akan diback up dari Polres Purbalingga, sedangkan hari Minggu (18/5) Dindik akan mendistribusikan naskah tersebut hingga ke posko/UPT yang ada di kecamatan, dan pada pagi harinya Senin (19/5) soal sudah bisa diambil untuk dibawa ke sekolah masing-masing, pungkasnya. (humas)

 

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)