Sijunjung

Silokek Sijunjung Resmi Jadi Geopark Nasional

Warta Andalas | Jumat, 30 November 2018 - 23:43:32 WIB | dibaca: 131 pembaca

WARTA ANDALAS, BOGOR – Akhirnya harapan itu terwujud. Betapa tidak, atas  perjuangan Pemkab Sijunjung, kini objek wisata Silokek Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat yang terkenal dengan pasir putihnya itu resmi menyandang status sebagai Geopark Nasional (kawasan taman bumi-red), terhitung pada Jumat (30/11/2018).

Penetapan Silokek sebagai Geopark Nasional menyusul diserahkannya sertifikat Geopark Nasional oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya kepada Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin di Museum Tambang Antam Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar).

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin menyambut gembira penetapan Silokek sebagai Geopark Nasional. ”Alhamdulillah, Silokek sudah ditetapkan sebagai Geopark Nasional oleh Komite Nasional Geopark Indonesia,” ucap Bupati Yuswir Arifin, seperti disampaikan Kabag Perekonomian Henri Chaniago melalui Kasubag Humas Pemkab Sijunjung, Azneldi dalam rilisnya pada awak media  Jumat (30/11/2018) malam.

”Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga Silokek menjadi Geopark Nasional,” ucap Yuswir Arifin didampingi Sekdakab, Zefnihan, Kadis Parpora, Yofritas, Kadis PUPR, Budi Safarman, Kepala Bapppeda, Febrizal Ansori, Kabag Umum, Afrineldi, Kabag ULPBJ, Puji Basuki dan Kabag Perekonomian, Henry Chaniago seperti dirilis Kasubag Humas, Azneldi.

Dalam Sertifikat Geopark yang diteken, Komite Nasional Geopark Indonesia (ADHOC) DR.Ir.Safri Burhanuddin, DEA disebutkan, Ranah Minang Solokek telah memenuhi persyaratan administratif dan teknis sebagai Geopark Nasional Indonesia dan berkomitmen untuk mengembangkan kawasan Geopark berdasarkan prinsip konservasi, edukasi dan pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat.

"Geopark Silokek ini bisa menjadi bagian dari Geopark Unesco Global Geopark (UGG). Dukungan semua pihak sangat diperlukan karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Nah, untuk menjadi Geopark Dunia, butuh dukungan semua pihak, karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi,” ucap bupati seperti dilaporkan Kasubag Humas.

Bahkan Wabup Arrival Boy merasa bangga atas terbitnya sertifikat Silokek sebagai Geopark Nasional. "Atas nama pribadi saya ucapkan salut atas semangat bapak bupati yang tidak pernah berhenti berjuang. Begitu juga dengan pak sekda, pak Febri Ansori,  buya Syafei, pak gubernur dan rekan-rekan semua tim yang dari awal tidak putusasa," ucap Arrival Boy, melalui WhatsAppnya pada awak media Jumat (30/11/2018).

"Insya Allah akan menjadi peluang kehidupan bagi generasi Sijunjung ke depan.  Keseriusan bupati mendelegasikan tugas-tugas ini kepada sekda dan tim Geopark, ternyata ini terbukti dapat di raih. Sekali lagi salut dan tetap berkarya untuk bapak bupati dan tim. Jika tidak serius, tidak akan berhasil maksudnya. Selamat buat Geopark Silokek jadi Geopark Nasional dan Selamat untuk bapak bupati & masyarakat Kabupaten Sijunjung khusus uuntuk Silokek," tulis Arrival Boy bangga. (sr)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)