Purbalingga

Serahkan Hewan Kurban Sekaligus Benahi Infrastruktur

Warta Andalas | Selasa, 13 Agustus 2019 - 12:35:33 WIB | dibaca: 1068 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Kegiatan penyerahan hewan kurban dari Pemkab Purbalingga kepada sejumlah takmir masjid, lebih dari sekedar acara seremonial. Penyerahan yang lebih banyak menyasar ke daerah-daerah terpencil, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon didampingi suami, Rizal Diansyah SE dan sejumlah pejabat struktural sekaligus memantau kelayakan infrastruktur setiap jalan yang dilewati.

Salah satu yang desa yang mendapatkan perhatian kali ini yakni Desa Cendana, Kecamatan Kutasari, dimana pada ruas jalan Dukuh Bogoan sampai Dukuh Purwodadi mengalami kerusakan parah. “Tadi saya lewat dukuh Purwodadi ini, masyaallah jalannya ‘indah’ banget sampai perut saya mulek mulek digoncang kanan-kiri,” ungkap Bupati Tiwi saat menyampaikan sambutan serah terima hewan kurban Pemkab Purbalingga kepada takmir Masjid Al Ikhwan RT 4 RW17 Desa Cendana, Ahad (11/8).

Oleh karena itu, atas kerusakan jalan tadi, Bupati menjanjikan akan dilakukan penanganan berupa pemeliharaan pada tahun ini juga. Tercatat untuk pemeliharaan jalan tersebut telah dimasukan pada tahap lelang Pemeliharaan Jalan Karangaren - Purwodadi dengan nilai pagu Rp 3,6 miliar.

“Inshaallah di tahun 2019 jalan Bogoan - Purwodadi akan segera diaspal. Sehingga tahun 2020 masyarakat  Purwodadi jalannya sudah halus,” katanya.

Selain Cendana, Bupati juga memberi perhatian kepada desa jauh dari perkotaan, yakni Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol. Desa tersebut memiliki keterbatasan peneranan jalan. Bupati memastikan agar jalan menuju ke Sirau ini akan difasilitasi Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU).

Seperti yang diketahui Pemkab Purbalingga pada perayaan Idul Adha 1440 H kali ini membagikan sebanyak 18 ekor sapi. Penyerahan diberikan secara langsung oleh Bupati Purbalingga melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Purbalingga.

Sapi diserahkan ke 18 masjid tersebar di 14 kecamatan. Bupati menyampaikan, pemberian ini merupakan wujud syukur karena perayaan Idul Adha 1440 juga berdekatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia.

“Nanti bantuan bisa dimanfaatkan dengan baik didistribusikan kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan dan berhak. Semoga ini memberikan berkah dan barokah baik untuk Pemkab Purbalingga maupun warga masyarakat,” katanya.

Dari 18 ekor sapi itu, diserahkan secara simbolis ke beberapa titik, diantaranya ke Takmir Masjid Utsman bin Affan, Kompleks Pasar Segamas Purbalingga; Masjid Nurul Akmal, Desa Mipiran, Padamara; Masjid Al Ikhwan, Desa Cendana, Kutasari; Masjid Jami AL Istiqomah, Desa Langkap, Kertanegara; Masjid Jami Darussalam, Desa Pepedan, Karangmoncol; dan Masjid Baitul Muslim, Desa Sirau, Karangmoncol. Bupati juga menyerahkan hewan kurban 1 ekor sapi secara pribadi dan keluarga kepada TPQ  Darul Najah di Desa Candiwulan, Kutasari.

Pada kesempatan ini, Bupati Tiwi atas nama Pemkab Purbalingga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H. Diharapkan momentum ini dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagaimana diteladani oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

“Semoga yang berkurban, Allah leburkan dosa-dosanya, Allah lipatgandakan pahalannya dan juga Allah tingkatkan kepeduliannya kepada masyarakat yang membutuhkan,”ungkapnya.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan hewan kurban dari Takmir Masjid Utsman Bin Affan Kompleks Pasar Segamas Purbalingga Ali Imron menyampaikan terimakasih atas 1 ekor sapi yang diberikan Pemda Purbalingga. “Semoga apa yang diberikan Pemda mendapatkan keberkahan. Daging kurban rencanannya akan kami bagikan kepada civilitas ekonomi di Pasar Segamas terutama tukang becak, jasa panggul, petugas kebersihan, sekuriti, masyarakat kompleks terminal dan lainnya,” ungkapnya. (Gn/Humas)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)