Hukrim

Selama Periode Januari - Agustus 2013, 44 Personel Ditlantas Polda Metro Jaya Disidang Disiplin

Warta Andalas | Senin, 26 Agustus 2013 - 17:52:06 WIB | dibaca: 1260 pembaca

WARTA ANDALAS, JAKARTA - Wakil Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, AKBP Sambodo Purnomo mengakui kalau anggotanya yang terlibat praktik pungutan liat (pungli) mengalami peningkatan.

“Sejak Januari sampai Agustus 2013 ini sudah 44 personel Ditlantas Polda Metro Jaya yang dalam sidang disiplin terbukti bersalah melakukan pungli. Jumlah ini meningkat dibanding tahun 2012 lalu,” kata Sambodo di Jakarta, Kamis (22/8/2013).

Ia menjelaskan, untuk tahun lalu anggotanya yang dinyatakan bersalah melanggar kedisiplinan dalam sidang disiplin atau melakukan pemungutan liar itu sebanyak 38 orang.

Dikatakan oleh Sambodo, para anggotanya yang dinyatakan bersalah tentu hukuman sanksi sama yakni penundaan pangkat berkala, teguran tertulis, penempatan pada tempat khusus mulai dari 14 hari sampai 21 hari, penundaan gaji berkala, tidak boleh mengikuti pendidikan dalam jangka waktu tertentu, hingga mutasi demosi atau dikeluarkan dari fungsi lalu lintas.

“Hampir semuanya karena melakukan praktek pungli,” ungkap dia.

Maka dari itu, Sambodo berharap dengan digelarnya sidang disiplin seperti ini dapat menjadi pembelajaran kepada seluruh anggota lainnya di jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya supaya tidak melakukan praktik pungli dan melakukan tindak melanggar kedisiplinan lainnya.

“Kami harapkan, dengan sidang disiplin ini yang dinyatakan terbukti bersalah jera dan tidak mengulang perbuatannya. Ini sebagai pembelajaran pada anggota lainnya agar tidak melakukan tindakan melanggar kedisiplinan serupa,” tegasnya. (Div. Humas mabes Polri)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)