Dharmasraya

Sekertariat MPR RI Gelar Wayang Kulit di Dharmasraya

Warta Andalas | Minggu, 16 Juli 2017 - 07:48:30 WIB | dibaca: 154 pembaca

WARTA ANDALAS, DHARMASRAYA - Untuk melestarikan budaya tradisional Wayang kulit sekertariat MPR- RI menggelar acara Wayang Kulit semalam suntuk dengan lakon pewayangan“Semar Mbabar Ketentreman” dengan dalang Ki Margono Prasetyo, S.Sn dari Solo Jawa Tengah, dalam rangka sosialisasi 4 pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD45, NKRI & Bhineka Tunggal Ika, Sabtu (15/7).

Kegiatan tersebut digelar di lapangan bola kaki daerah Sitiung 1 Blok E Jorong Sungai Kalang kecamatan Tiumang Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat.

Tampak hadir dalam acara tersebut, anggota MPR RI H. Sidi Hermanto Tanjung dan Sekjen MPR RI Drs. Selfi Zaini, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat H. Widyatmo, serta Anggota DPRD Dharmasraya Suparman dari Partai PKS. Sedangkan dari Pemkab Dharmasraya, diwakili oleh Camat Tiumang Resa Deswendi juga hadir mantan bupati Adi Gunawan serta masyarakat yang tampak antusias.

Sementara itu Sekjen MPR-DPR RI Drs. Selfi Zaiani mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda MPR dalam mensolisasikan 4 Pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD45, NKRI & Bhineka Tunggal Ika.untuk memahami tantang persatuan antara bangsa.

Acara silosasi ini digelar dari anggaran MPR-DPR RI 2017. Kegaiatan ini sudah yang kedua kalinya. Beberapa bulan lalu, 4 pilar kebangsaan ini di gelar di kota Padang dengan kesenian tradisonal randai dan rabab.

Pemkab Dharmasraya diwakili oleh Camat Tiumang Resa Deswendi, mengatakan sangat mendukung kegiatan tersebut.

“Kami dari pemerintah kabupaten Dharmasraya sangat mendukung sekali dengan acara yang digelar oleh Sekretarian MPR-RI dengan memberikan  silosasi 4 pilar kebangsaan dalam pergelaran wayang kulit semalam suntuk di daerah ini,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini, lanjut dia, akan menjalin persatuan dan mencintai bangsa yang mana kabupaten Dharmasraya terdiri berbagai multi etnis yang selama ini rukun dan damai, serta menjalin persatuan. Untuk itu, kami berharap kegiatan ini dapat digelar setiap tahun.

Di tempat yang sama, Anggota MPR RI H. Sidi Hermanto Tanjung dalam pidatonyamenyampaikan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan itu.

“Kami dari Sekertariat MPR-RI telah mengagendakan kegaitan ini berapa bulan yang lalu.  Dan kami sangat bangga dengan warga yang ada di sini yang sangat atusias. Semoga kedepannya kegiatan seperti ini tetap berlangsung dan di agendakan,” pungkasnya. (tim)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)