Sawahlunto

Sederet Negara Tetangga Bakal Hadiri Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival

Warta Andalas | Jumat, 06 September 2019 - 20:19:44 WIB | dibaca: 143 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Pemerintah kota Sawahlunto Sumatera Barat, terus berkomitment untuk memajukan kain songket yang merupakan kerajinan asli para pengrajin asal Silungkang. Hal itu dibuktikan dengan kembali digelarnya “Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa)”, yang telah dimulai sejak hari ini, Jum’at (6/9) hingga hari Minggu (8/9) mendatang.

Menurut Walikota Sawahlunto, Deri Asta, SH, sebelum pelaksanaan ajang SISSCa ke V ini, pihak Pemko telah melakukan evaluasi guna mengoptimalkan serta efesiensi suksesnya acara tersebut.

“Untuk kegiatan SISCa dan sejumlah acara lain yang masuk dalam agenda rutin tahunan, sudah beberapa kali kita lakukan evaluasi agar hasilnya lebih efektif, termasuk SIMFest,” ungkapnya, Jum’at (6/9).

Tujuan dari kegiatan SISSCa ini, lanjut Deri Asta, adalah untuk menggaet pembeli dari luar Sawahlunto, sehingga akan meningkatkan penjualan Songket dari para pengrajin yang ada di kota kita.

“Hari ini, Jum’at 6 September 2019 kegiatan ini sudah dimulai dan saat ini sedang berlangsung acara Fashion Show untuk tingkat anak-anak di Goedang Ransoem, serta Pameran UMKM di lapangan Segitiga,” terangnya.

Lebih jauh dipaparkan Deri Asta, dalam kegiatan SISSCa ke V tahun 2019 ini juga akan dilaksanakan sejumlah rangkaian acara, diantaranya Seminar UNESCO yang akan menghadirkan Erwiza Erman, Rosli H Noer dan Mujiba dari Kantor UNESCO perwakilan Jakarta.

Selain itu, juga acara Fashion Show yang akan menghadirkan Desainer kondang nasional, yaitu Ayu Mizura. Sedangkan puncaknya, pada hari Minggu akan dilaksanakan carnaval Songket Silungkang yang akan dimulai dari Lapangan Ombilin, Terminal dan berakhir di Lapangan Segitiga atau Lapseg.

“Dalam SISSCa tahun ini juga akan dihadiri sejumlah tamu asing dari berbagai Negara, diantaranya Malaysia, Timor Leste, Jepang dan Korea, dan juga sederet tokoh nasional kita seperti Sofyan Wanand, Walikota Tangerang Selatan, Indo Jalito, Sekjend DPD RI, sejumlah Dirjend dari beberapa Kementrian dan berbagai tamu undangan lainnya,” pungkasnya. (ap)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)