Sijunjung

Sebanyak 130 Bacalwana Ikuti Seleksi Pilwana Serentak

Warta Andalas | Selasa, 23 Juli 2019 - 19:03:00 WIB | dibaca: 10119 pembaca

WARTA ANDALAS, SIJUNJUNG - Sebanyak 130 bakal calon walinagari (Bacalwana) di 15 nagari dalam Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat pada Selasa (22/7/2019) mengikuti ujian seleksi Pemilihan Walinagari (Pilwana) di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Muaro.

Uji seleksi Pilwana itu dibuka secara resmi Asisten 1 Setdakab Sijunjung, Yenuarita,SH.MHum dan Kepala DPMN Sijunjung, Khamsiardi,S.STP. Dalam arahannya, Yenuarita yang wakil ketua Tim seleksi berharap, agar mendapat calon berkualitas dan berintegritas.

"Seleksi murni dari hasil peserta Bacalwana itu sendiri. Tak ada istilah skala prioritas dan apapun hasilnya itulah yang terbaik dari yang baik sesuai kemampuan masing-masing," kata Yenuarita.

Kepala DPMN Sijunjung, Khamsiardi menyebutkan, seleksi uji Pilwana itu diikuti 130 Bacalwana dari 15 nagari. "Dari peserta Bacalwana ditiap nagari itu akan diambil 5 besar," sebut Khamsiardi.

Ke-130 peserta seleksi itu kata Khamsuardi terdiri dari Nagari Sijunjung diikuti 10 Bacalwana, Muaro 9 peserta, Kandangbaru 6 peserta, Lubuktarok 7 peserta, Limokoto 10 peserta, Palaluar 9 peserta, Padangsibusuk 9 peserta, Muarobodi 6 peserta, Sisawah 14 peserta, Unggan 8 peserta, Aieamo 7 peserta, Paru 7 peserta, Durian Gadang 9 peserta, Tanjunggadang 12, dan Buluhkasok  7 peserta.

Uji seleksi itu dibagi dua sesi, yakni sesi peetama 66 peserta dan sesi kedua 64 peserta dengan duarasi 120 menit setiap sesi dengan 100 soal. "Hasilnya dapat kita ketahui sekitar pukul 14.00 WIB,"jelas Khamsiardi.

Bahkan saat ujian tersebut Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin langsung turut memantau proses ujian. "Ini membuktikan banyak tokoh yang mau dan bersedia untuk membangun nagari,"ucap bupati Yuswir Arifin bangga pada awak media. (sr)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)