Sawahlunto

Sambut Tahun Baru Islam, Desa Kolok Nan Tuo Kembali Gelar Festival Muharram

Warta Andalas | Minggu, 09 September 2018 - 17:57:34 WIB | dibaca: 236 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Setelah sukses menggelar Festival Muharram 1 dan 2 sejak tahun 2016 silam, tahun ini desa Kolok Nan Tuo kecamatan Barangin kembali menggelar kegiatan tersebut, yang akan dibuka hari ini, Minggu (9/9) malam.

Menurut kepala Desa Kolok Nan Tuo, Supriyadi Mukri didampingi Sekertaris Desa Desri Ronaldi Arifin, SE, untuk kegiatan Festival Muharram tahun ini ada sejumlah perbedaan, yaitu dari sisi kepanitiaan serta tambahan waktu pelaksanaan.

“Pada pelaksanaan 2 tahun sebelumnya, kepanitiaan kita serahkan pada masyarakat, dan waktu pelaksanaannya hanya selama 3 hari. Namun, setelah dilakukan evaluasi, sekarang panitia dihandle langsung oleh jajaran pemerintahan desa, dimana Sekdes lansgung menjadi ketua panitianya,” terang pria yang akrab disapa Adeks Rossy saat ditemui di ruang kerjanya, Minggu (9/9).

Sedangkan waktu pelaksanaan kegiatan Festival Muharram 1440 Hijriyah ini, lanjut Adeks Rossy, kita tambahkan menjadi 4 hari yang akan dimulai malam ini, yakni 09 - 12 September 2018.

Dikatakan Adeks Rossy, desa Kolok Nan Tuo sengaja menggelar kegiatan rutin ini untuk terus mengingatkan masyarakat tentang adanya tahun Islam, khususnya bagi para generasi muda. Sebab, saat ini mereka lebih cenderung mengerti tentang adanya perayaan malam tahun baru Masehi.

Selain untuk memeriahkan datangnya tahun baru Islam, lanjut Adeks Rossy, kegiatan ini juga bertujuan untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta menciptakan masyarakat Kolok Nan Tuo yang lebih religius dan juga mempertahankan budaya.

Dalam kesempatan itu, Adeks juga mengungkapkan bahwa panitia akan mengundang sejumlah budayawan dan seniman yang ada di Sumatera Barat ini, untuk turut memeriahkan Festival Muharram ini.

“Alhamdulillah sudah ada konfirmasi kehadiran para seniman dan budayawan Sumbar, diantaranya Pinto Janir, Alwi Karmena, Adrian P, R Sikumbang dan beberapa seniman lainnya,” sebut pria yang pernah menjabat Ketua PWI kota Bukittinggi 2 periode itu.

Sementara itu, terkait rangkaian acara dalam kegiatan tersebut, Adeks Rossy mengatakan bahwa ada sejumlah penambahan lomba, diantaranya lomba MTQ di tingkat jajaran staf pemerintah desa Kolok Nan Tuo atau MTQ Aparatur Desa, dimana hal ini baru dilaksanakan untuk yang pertama kalinya, dan Lomba Asmaul Husna dan lomba obor tingkat Dusun.

Selain lomba tersebut, kegiatan Festival ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai atraksi hiburan seperti Rebana Masjid Istiqomah, Tambua dan Tansa, Makan Bajamba yang disediakan oleh KAN Kolok, Marching Band, Penampilan Hiburan Desa Kolok Nan Tuo, dan juga tausiyyah dari Ustadz Ahmad Zukri, S.Ag, Octo Verisman, S.Ag, Ma, dan Didi Ifwandi, S,Pd.i. (ap)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)