Sawahlunto

Sambut Peringatan Hari Jadi ke 20, DPD PAN Sawahlunto Gelar Aksi Donor Darah

Warta Andalas | Kamis, 23 Agustus 2018 - 17:46:53 WIB | dibaca: 426 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Tepat pada tanggal 23 Agustus 2018, Partai Amanat Nasional (PAN) besutan tokoh Reformasi Amin Rais yang didirikan sejak 23 Agustus 1998 silam, genap berusia 20 tahun.

Terkait hal tersebut, dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi PAN ini, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN kota Sawahlunto dibawah pimpinan Deri Asta, SH menggelar aksi donor darah di RSUD kota Sawahlunto, Kamis (23/8).

Menurut Ketua Panitia kegiatan donor darah, Defrizal, SST. Par, kegiatan bhakti social donor darah ini bertujuan untuk membantu warga kota Sawahlunto yang membutuhkan bantuan darah. Selain itu, juga sebagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam menyambut datangnya Hari Jadi PAN tahun ini.

“Kita sering mendengar adanya pasien di Rumah Sakit ini butuh tambahan darah, dan di Rumah Sakit ini juga kerap terjadi kekosongan stock darah. Untuk itu, kami segenap pengurus dan Caleg di DPD PAN Sawahlunto sepakat untuk melakukan aksi donor darah ini, sebagai wujud kepedulian kami pada masyarakat,” ujarnya.

Dalam aksi ini, lanjut pria yang kerap disapa Def, seyogyanya akan diikuti oleh 32 orang dari pengurus DPD PAN serta para Bacaleg, namun setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis dari Unit Transfusi Darah RSUD ini, hanya 20 orang yang dinyatakan memenuhi syarat dan dalam kondisi fisik serta stamina yang vit.

“Dan Alhamdulillah dari 20 orang yang dinyatakan memenuhi syarat itu, pelaksanaan donor darah berjalan lancar. Kedepan, mudah-mudahan kita akan dapat terus melakukan aksi kemanusiaan ini setiap ada moment dan kesempatan, untuk memenuhi kebutuhan ketersediaan darah di kota ini,” sebutnya, yang di amini oleh Sekertaris DPD PAN Sawahlunto, Rizal F Daniel.

Sebab, imbuh Defrizal, selain berguna bagi yang membutuhkan, donor darah juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Lebih jauh dikatakannya, setelah melakukan donor darah, kita akan merasakan sebuah kepuasan batin karena darah yang disumbangkan dapat menyelamatkan seseorang yang membutuhkan. Tak hanya itu, kesehatan kita menjadi terpantau karena kondisi kesehatan kita akan diperiksa secara teratur.

“Manfaat lain yang juga akan kita rasakan adalah membuat tubuh kita semakin sehat, sebab dengan mendonorkan darah tubuh akan memproduksi darah yang baru. Dan yang tak kalah penting adalah meningkatkan nilai-nilai kesetiakawanan dan kepedulian social,” ungkapnya.

Tampak hadir dalam aksi donor darah itu, Bendahara DPD PAN Sawahlunto Epy Kusnadi, SH, M.Kn, Ketua Harian Riswan Idris, serta sejumlah pengurus lain, diantaranya Benny, Era, Pipin, Eryanto Melhisi, SH, Dasril Munir dan sederet pengurus lainnya.

Sementara itu, usai mendonorkan darahnya, Ketua DPD PAN Sawahlunto Deri Asta, SH yang sekaligus merupakan Walikota terpilih dalam ajang Pilkada 27 Juni yang lalu, menyempatkan diri untuk menyambangi Bangsal Anak.

Di ruangan itu, Deri Asta juga sempat berbincang-bincang bersama sejumlah keluarga pasien yang tengah menunggui anaknya.

Dalam kesempatan itu, para keluarga pasien tampak terkejut dan merasa terharu atas kunjungan Deri Asta bersama istrinya yang datang secara tiba-tiba. Mereka pun menyambut dengan hangat dan penuh suka cita. (ap)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)