Payakumbuh

Salurkan Bakat Pemuda Payakumbuh, Areal Medan Nan Bapan Diaspal Beton

Warta Andalas | Selasa, 13 Mei 2014 - 23:59:09 WIB | dibaca: 897 pembaca

WARTA ANDALAS, PAYAKUMBUH - Areal perparkiran dan sebagian jalan lingkungan di kawasan Medan nan Bapaneh Taman Wisata Ngalau Indah Payakumbuh, di Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, diaspal ulang. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Payakumbuh, menyiapkan dana Rp780 juta guna meningkatkan mutu areal parkir dan jalan lingkungan itu dengan aspal hotmix.

Kepala Disparpora Payakumbuh Drs. Syahnadel Khairi didampingi Kabid Prasarana dan Sarana Elfi Jaya, ST, di Payakumbuh, menginformasikan, Selasa  (13/5),  areal parkir lebih kurang satu hektar itu, tidak hanya berfungsi sebagai prasarana parkir, tapi juga buat space berbagai kegiatan kepemudaan dan pagelaran kesenian. Karena itu, pemko perlu meningkatkan mutunya agar lebih baik,  buat menggelar berbagai iven kepemudaan, katanya.

Dikatakan, setiap hari Minggu, pelataran parkir itu, sejak pukul 06.00 pagi, sudah dipadati ribuan penggemar olahraga senam aerobic. Kemudian, dari pukul 09.00 hingga sore, dimanfaatkan untuk kegiatan penampilan berbagai kesenian tradisional, mulai dari tari randai, teater, pembacaan pusi hingga tari-tarian  klasik dan modern. Kegiatan ini, bekerjasama antara Disparpora dengan  Dewan Kesenian Payakumbuh, pimpinan Iyut Fitra.

Pekerjaan peningkatan aspal pelataran parkir Medan nan Bapaneh itu, telah dilakukan rekanan pelaksananya, sejak Sabtu (10/5). Dijadwalkan, hingga sepekan ke depan, pekerjaannya rampung, guna persiapan iven Payakumbuh Fashion Week 2014. “Kita sudah meminta ketegasan pihak rekanan pelaksana, sebelum acara Payakumbuh Fashion Week dimulai, pekerjaan pengaspalan prasana wisata itu rampung dikerjakan,” ucap Elfi Jaya.

Menurut Kadisparpora Syahnadel, kawasan Medan nan Bapaneh akan dijadikan sebagai rest area bagi  kendaraan lintas Padang-Pekanbaru. Karena itu, berbagai fasilitas pendukung secara bertahap terus ditingkatkan. Di antaranya,  memfungsikan Pondok Promosi Industri yang akan menyediakan berbagai kerajinan makanan dan kerajinan industri fashion serta cenderama mata lainnya.

Selain itu, di kawasan Medan nan Bapaneh juga tersedia kolam renang prestasi yang didukung dengan  water boom buat anak-anak bermain. Tidak kurang 500-an tamu berdatangan ke kolam renang  setiap minggu, katanya. (zal)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)