Purbalingga

Saka Wira Kartika Kodim Purbalingga Kerahkan Seluruh Pasukan di TMMD

Warta Andalas | Selasa, 17 April 2018 - 09:36:58 WIB | dibaca: 67 pembaca

WARTA ANDALA, PURBALINGGA – 50 anggota Satuan Kerja Pramuka (Saka) Wira Kartika (SWK) diterjunkan langsung ke lokasi TMMD untuk membantu pembangunan Desa Karangjambu bersama TNI. 50 orang tersebut berasal dari SMAN 1 Purbalingga, SMAN 2 Purbalingga, SMKN 1 Bujateja, SMKN 1 Bojongsari, SMK Widyamanggala Purbalingga, SMK YPT 2 Purbalingga, SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga dan SMK YPLP Purbalingga.

Dari 50 anggota SWK yang diterjunkan, mereka ploting ke dalam empat kelompok yakni, Kelompok (Pok) 1 yang terdiri dari Pok 1A dan 1B, membantu pengerasa jalan Makadam. Pok-2 membantu pembuatan gorong-gorong, Pok-3 membantu pembangunan RTLH dan Pok-4 melaksanakan out bond bersama-sama anak-anak Desa Karangjambu.

Pembina SWK  Kodim 0702/Purbalingga Serma Waluyo mengatakan,tujuan pelibatan anggota SWK ke lokasi TMMD yakni untuk mengenalkan mereka tentang arti dan makna salah satu tugas yang diemban TNI. TNI juga bertugas dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu penanganan bencana alam maupun Karya Bhakti TNI melalui TMMD.

"Semoga segenap anggota SWK  binaan kami, melalui pembelajaran di luar kelas ini akan termotivasi untuk dapat berbuat yang terbaik untuk masyarakat disekeliling nantinya,” ungkap Waluyo saat dijumpai di lokasi TMMD Reguler 101 di Desa Karangjambu, Minggu (15/4).

Waluyo menerangkan Saka Wira Kartika binaan Komando Distrik Militer (Kodim) 0702/Purbalingga baru berupa saka rintisan yang mulai dilaksanakan pada akhir tahun 2007. Pembentukannya berdasarkan Peraturan Bersama Kepala Staf Angkatan Darat dengan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka nomor 182/X/2007 dan 199 tahun 2007 tanggal 28 Oktober 2007 tentang kerjasama dalam usaha pembinaan dan pengembangan pendidikan bela negara sertakepramukaan.

Ia melanjutkan awalnya  Saka Wira Kartika merupakan saka yang dibentuk oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) yang bekerjasama dengan TNI AD dalam pengembangan pendidikan bela negara dan kepramukaan di lembaga pendidikan atau sekolah.

TNI AD membentuk “Saka Wira Kartika” sebagai wadah gerakan pramuka di jajarannya, revitalisasi gerakan pramuka Indonesia. TNI AD mengambil peran dalam rangka pembinaan generasi muda melalui gerakan pramuka agar berkarakter dan siap menjadi kader-kader pemimpin bangsa yang handal dibawah tekanan.

“Dengan langkah ini, TNI AD mengkonkritkan kembali perannya sebagai kekuatan pertahanan negara, sekaligus kekuatan moral dan kekuatan kultural bangsa,” kata Waluyo.

Pengorganisasian Saka binaan TNI-AD ini, tidaklah jauh berbeda dengan Satuan Karya pada umumnya, namun Saka Wira Kartika ini memiliki program pendidikan yang dibentuk dalam satuan krida. Satuan krida tersebut antara lain Krida Survival, Krida Pioneer, Krida Mountenering, Krida Navigasi Darat dan Krida Bintal Juang. Image setiap krida memiliki spesifikasi materi pendidikan yang berbeda dengan krida lainnya.

“Generasi muda penerus bangsa saat ini membutuhkan pendidikan dan latihan dalam upaya menghadapi tantangan kemajuan zaman dan teknologi yang ternyata juga memiliki dampak dan pengaruh negatif yang harus ditangkal sejak dini,” pungkasnya. (PI-7)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)