Bireuen

Ratusan Warga Demo Perta Arun Gas, dengan 7 Tuntutan

Warta Andalas | Senin, 04 November 2019 - 21:37:25 WIB | dibaca: 1078 pembaca

WARTA ANDALAS, BIREUEN - Ratusan warga dari sejumlah desa binaan lingkungan Proyek Vital Nasional (Provitnas) Perta Arun Gas (PAG) melakukan aksi demonstrasi di pintu masuk pabrik perusahaan itu, Senin, (4/11) dengan membentangkan spanduk dan poster.

Sementara aparat kepolisian tetap berjaga-jaga agar aksi berjalan damai . Aparat ada yang dci dalam pabrik dan ada yang di luar bersama dua unit  mobil water canon.

Pengamatan andalas,ratusan massa terdiri dari ibu-ibu, bapak-bapak, serta anak-anak muda di tengah yel ..yel …aksi mereka juga mengusung spanduk dan poster.

Massa yang telah berkumpul di depan pintu PAG sejak pukul 09.00 Wib. terdiri dari beberapa desa di lingkungan PAG antara lain desa Jomblang, Blang Panyang, Meunasah Dayah, Padang Sakti, Paloh Punti, Cot Trieng, Blang Pulo, Batuphat Timu, Batuphat Barat, Blang Naleung Mameh dan desa Ujong Pacu.

Gemuruh yel..yel… berikut ada sejumlah point yang diutarakan Ketua Forum Komunikasi Keuchik dan Pemuda, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe H Syeh Ahmad HB ada tujuh butir permintaan adalah:

Pertama memintakan, seluruh tenaga kerja pegawai, kontrak dan project harus diserahkan kepada forum

Kedua, Tenaga kerja pegawai harus 50 persen berasal dari desa lingkungan

Ketiga, seluruh tenaga kerja kontrak yang berasal dari luar desa lingkungan harus diganti dengan tenaga kerja dari dalam desa lingkungan paling lambat 1 Januari 2020.

Keempat, Seluruh tenaga kerja satpam/security dan pemadam kebakaran  serta supir , juga harus dari warga desa lingkungan. Sedangkan yang selama ini pekerja berada diluar desa lingkungan harus diganti. Juga paling lambat 1 Januari 2020.

Kelima, Setiap ada penerimaan tenaga kerja pegawai/kontrak harus direkrut melalui forum.

Keenam, Seluruh dana CSR harus disalurkan kepada masyarakat dan melibatkan forum.

Sementara ketujuh mereka meminta harus ada perhatian terhadap sarana dan prasarana forum.

Sementara itu, ditengah berlangsungnya aksi seratusan warga lingkungan PAG,  Senator Aceh, H Sudirman yang popular  dipanggil H Uma tiba – tiba hadir dan bergabung dengan pendemo.

Luar biasa hadirnya H Uma semangat pendemo bergelora apalagi H Uma berjanji di hadapan pendemo akan memperjuangkan aspirasi kalangan bawah ini sampai ke Jakarta.

“Bila tidak selesai juga, akan kita panggil pimpinan perusahaan ini sampai ke Jakarta nanti,” kata H Sudirman.  (SA)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)