Agam

Rakor Jaga Nagari, Bupati : “Agam akan melaksanakan secara periodik !”

Warta Andalas | Kamis, 11 April 2019 - 14:09:10 WIB | dibaca: 128 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM – Bupati Agam Dr. H. Indra Catri membuka secara resmi Rapat Koordinasi Jaksa “Jaga Nagari”, Kamis (11/4). Bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Agam, rakor ini dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Agam, Kepala DPMN, Camat dan Wali Nagari se-Kabupaten Agam.

Rakor ini sendiri adalah tindak lanjut dari peran aktif kejaksaan dalam menjaga pengelolaan dana Nagari dan Dana Desa agar terhindar dari penyimpangan.

Indra Catri dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kejaksaan Nagari Agam, atas peran aktif yang ditunjukan dalam membantu mengawal pembangunan di Agam. Kepada Wali Nagari, Indra Catri juga berpesan agar senantiasa menjaga integritas dalam pengelolaan keuangan di nagari.

“Pada kesempatan ini, saya sampaikan terima kasih kepada jajaran Kejaksaan Negeri Agam, atas peran aktif mereka untuk ikut memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada Wali Nagari kami dalam pengelolaan keuangan negara. Saya juga minta agar kegiatan seperti ini dilaksanakan rutin dan periodik, agar memberikan dampak yang lebih optimal”, terang Indra Catri.

Selanjutnya juga dijelaskan oleh Bupati Agam, tugas Wali Nagari dewasa ini sudah semakin kompleks. Tidak lagi terbatas kepada fungsi sosial dan kultural masyarakat kenagarian yang sejatinya adalah fungsi utamanya, namun juga mengelola pembangunan di nagari tersebut.

Juga disampaikan bahwa secara filosofis, dana desa yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat seharusnya digunakan sebagai alat pendukung dalam melaksanakan tupoksi utamanya. Namun akhir-akhir ini suntikan dana desa dan nagari yang besar, bisa jadi telah membuat Wali Nagari secara tidak sadar telah sedikit melupakan tugas pokok sosial kultural.

“Kepada Wali Nagari, saya ingatkan sekali lagi, agar Wali Nagari membangun nagari dengan baik, dengan perencanaan yang baik. Sekaligus mengelola dana desa dan nagari dengan taat azas. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan jajaran Kejaksaan Negeri Agam”, tegasnya.

“Kepada jajaran Kejaksaan Nagari Agam, saya minta agar senantiasa memberikan penjelasan kepada para Wali Nagari kami, agar kami di Agam mampu membangun dengan baik, taat azas dan memiliki pemahaman yang tinggi terhadap pengelolaan dana desa dan nagari. Agar mereka terhindar dari pelanggaran pengelolaan keuangan”, tutup Indra Catri.(Md)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)