Sawahlunto

Puskesmas Sei Durian dan Kolok Sawahlunto Dinilai Tim Akreditasi Pusat

Warta Andalas | Sabtu, 01 September 2018 - 20:09:51 WIB | dibaca: 243 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO  –  Sebagai standar baku mengenai peningkatan mutu dan pelayanan, Puskesmas Sungai Durian dan Puskesmas Kolok kecamatan Barangin kota Sawahlunto mengikuti akreditasi yang dilaksanakan tim asesor standarnisasi, 27 sampai 31 Agustus 2018.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sawahlunto, Yasril ,SKM, MKes menyatakan Akreditasi ini perlu dilakukan sebagai standar baku mengenai peningkatan mutu dan pelayanan dari sebuah puskesmas.

“Tim penilai asesor terdiri dari 3 orang untuk satu puskesmas dari pusat ini, adalah tim yang independent tidak bisa di intervensi oleh pihak manapun. Dan mereka terdiri dari Profesor dan Doktor yang ahli
dibidangnya” jelas Yasril, Jum’at (31/8)

Yasril menyatakan penilaian akreditasi ini berjangka 3 tahun, artinya selama jangka waktu tersebut kita harus bisa mempertahankan mutu dan pelayanan kita dalam akreditasi yang kita peroleh jangan sampai turun level atau tingkatannya. Dengan cara meningkatkan SDM, para medis, meningkatkan sarana dan prasarana, mengadakan diklat, melakukan uji kompetensi untuk bisa mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) agar bisa beroperasi di bidangnya.

Indikasi penilaian, ulas Yasril berdasarkan administrasi dan manajemen, Upaya  Kesehatan Pelayanan (UKP) menyangkut promotif, pendidikan kesehatan dan preventif, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)
yang dilakukan melalui posyandu dan penyuluhan, serta dengan melihat dari lingkungan sekitar puskesmas seperti bangunannya, dilanjutkan dengan pencapaian mutu dan program.

Pria yang dosen Kesehatan Masyarakat di Stikes Bukittinggi itu menjelaskan jenjang akreditasi terdiri dari 4 tingkatan, yakni tingkat dasar, madya, utama dan paripurna. Dan kota Sawahlunto, sudah 4
Puskesmas terakreditasi. Puskesmas Silungkang, Kampung Teleng, Talawi dan Lunto.

Predikat akreditasi utama, papar Yasril diraih Puskesmas Silungkang, Kampung Teleng dan Puskesmas Talawi serta predikat Madya untuk Puskesmas Lunto. Namun, hanya Sawahlunto diantara kota atau kabupaten di Sumatra barat yang mendapatkan 3 puskesmas perdikat Utama.

“Kita sangat apresiasi kesiapan Puskesmas tersebut dan berharap kedua puskesmas ini dapat meraih predikat paripurna setidaknya akreditasi Utama, karna Paripurna adalah starting point atau tolak ukur yang terbaik dari nilai mutu dan pelayanan puskesmas. Dan  hanya ada 1 puskesmas di Sumatra Puskesmas akreditasi Paripurna di Palembang,” pungkasnya. (TAS)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)