Purbalingga

Purbalingga Tuan Rumah MHQ Pesantren ke XI tingkat Jawa Tengah

Warta Andalas | Rabu, 12 Maret 2014 - 12:23:17 WIB | dibaca: 101135 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Bulan Agustus 2014 mendatang Purbalingga akan mengelar perhelatan akbar yaitu menjadi tuan rumah Musabaqah Hifdzil Qur’an  (MGQ) Pesantren ke XI Provinsi Jawa Tengah. Perhelatan ini tepatnya akan diselengarakan pada tanggal 26 s/d 28 Agustus 2014. Rencananya pembukaan MHQ akan dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah dan ditutup Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Penyelengaraan MHQ rencananya akan di hadiri oleh 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah dengan personil sebanyak 350 peserta. MHQ akan melombakan 3 cabang Musabaqoh untuk putra putri yaitu hifdzil Al Qur’an 20 Juz, hifdzil Al Qur’an 30 Juz dan Hifzil Qur’an 30 Juz dengan tafsir bahasa arab.

Hal tersebut disampaaikan oleh Kabag Kesra, Muhammad Nurhadi pada saat memimpin rapat perdana panitia MHQ ke XI tingkat Provinsi Jawa Tengah di Operation Room Graha Adhi Guna, Selasa (11/3).

Menurut Nurhadi tujuan diselenggarakannya MHQ ini adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, yang kedua mempererat ukhuwah Islamiah melalui pemasyarakatan Al Qur’an pada generasi muda khususnya pada kalangan pondok pesantren.

“Yang ketiga untuk meningkatkan dan memacu pestasi Jawa tengah khususnya dibidang pengembangan Hifdzil Qur’an” kata Nurhadi

Dengan melakukan persiapan sejak awal Nurhadi berharap pelaksanaan dapat berjalan sukses dan Purbalingga sebagai tuan rumah juga sukses dalam meraih prestasi.

Sekretaris Lembaga pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Jawa Tengah, Ahmad Ahyani berharap pelaksanaan MHQ ke XI di Purbalingga dapat berjalan dengan meriah dan di sengkuyung oleh masyarakat Purbalingga.

“Dengan diselenggarakannya MHQ ke II di Purbalingga ini saya harapkan lebih gemebyar di banding penyelaggaraan pada tahun-tahun yang lalu. Dan pelaksanaan MHQ ini juga sebagai tolak ukur pengembangan Al Qur’an di Jawa Tengah, karena itu MHQ ini harus di uri-uri keberadaannya dan menambah siar Islam.” kata Ahyani.

Kepala Kepala Kementrian Agama Kabupaten Purbalingga, Rohiman mengatakan untuk memeriahkan penyelenggaraan MHQ ini akan dilaksanakan beberapa kegiatan seperti pawai ta’aruf, bazaar dan penyelenggraan pentas seni islam di alun-alun.

“ Untuk lebih memeriahkan pelaksanaan MHQ ini kita akan menggerahkan siswa-siswa sekolah dan pesantren untuk menghadiri MHQ ini, kalau memungkinkan juga kita akan minta bantuan pemda untuk menyelenggarakan pengajian akbar di Alun-alun.” kata Rohiman

Sedangkan untuk persiapan sukses prestasi, menurut Rohiman telah melakukan berbagai persiapan yaitu dengan melakukan penyaringan peserta MHQ kabupaten Purbalingga.

“Untuk tempat pelaksanaan ada 3 tempat yaitu Pendopo Dipokusumo, Pendopo Cahyana dan Aula Uswatuh Khasanah, sedangkan persiapan untuk penginapan sudah disiapkan di hotel sekitar alun-alun” pungkas Rohiman. (dy)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)