Purbalingga

Purbalingga Juara I Lomba Masak Ikan Tingkat Jawa Tengah

Warta Andalas | Senin, 02 Desember 2019 - 17:47:38 WIB | dibaca: 1033 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Kabupaten Purbalingga berhasil meraih juara I Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019 pada kategori menu keluarga. Kabupaten Purbalingga diwakili oleh Tim PKK Desa Penolih yang mana satu tim beranggotakan dua orang yakni Juliah dan Desi.

Juliah mengatakan Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019 dilaksanakan pada Sabtu (30/11) yang diikuti oleh 34 kabupaten/kota di Magelang. Ada tiga kategori yang dilombakan yakni menu balita, menu kudapan dan menu keluarga.

"Dari ketiga kategori tersebut untuk Purbalingga mendapatkan juara pada kategori menu keluarga," kata Juliah saat dihubungi, Senin (2/12).

Dengan keberhasilan tersebut tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Juliah dan rekannya terlebih bisa mewakili Purbalingga di tingkat Provinsi jawa Tengah. Ia pun berharap dengan adanya inovasi menu makanan berbahan dasar ikan, masyarakat dapat lebih mencintai masakan berbahan dasar ikan.

"Biar masyarakat bisa lebih mencintai masakan ikan dibandingkan dengan olahan-olahan daging yang instan,"ujarnya.

Dari jemari tangannya yang terbiasa untuk mengolah berbagai olahan makanan tentu tidaklah sulit untuk mengolah makanan dengan bahan dasar ikan. Dibutuhkan latihan yang sering untuk mendapatkan menu yang sehat dengan rasa yang enak.

"Sebelum lomba kita sudah latihan dulu, kalau kita sering latihan gak ada kesultan cuma kadang rasanya setiap latihan beda-beda,"ungkap Juliah.

Baginya mengolah ikan menjadi menu masakan memang dibutuhkan inovasi dan kreativitas agar olahan ikan tersebut dapat diminati khususnya untuk anak-anak. Tidak hanya sekadar digoreng ataupun dibakar, ikan rupanya dapat diolah menjadi berbagai macam olahan dan dapat dinikmati semua kalangan.

"Kalau cuma digoreng atau dibakar apalagi disantan mungkin anak-anak yang mengkonsumsinya juga akan bosan, nah disinilah bagaimana kita harus bisa mengolah agar menu masakan ikannya lebih menarik, bisa dibuat kue atau masakan lainnya," terangnya.

Ia pun menuturkan pada menu balita yang ia buat pada saat lomba, timnya menggunakan campuran kentang yakni mashed potato. Yang mana menu balita harus menggunakan sayur dengan empat bintang.

"Karena kemarin kriteria yang dinilai yakni inovasi menciptakan menu baru, kreativitas dan penampilan dari menu masakannya," jelas Juliah.

Diraihnya keberhasilan tersebut, ia menyampaikan atas dukungan dari Pemkab Purbalingga yang telah membantu proses dari awal dan pada saat pelaksanaan. Bahkan atas diraihnya kejuaraan tersebut, tahun depan timnya akan mewakili Provinsi jawa Tengah untuk berlaga di Tingkat Nasional pada Lomba Masak Ikan.

"Ini katanya untuk tahun depan mewakili provinsi untuk maju tingkat nasional tapi kami masih menunggu informasi lebih lanjut," pungkasnya. (PI-7)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)