Sawahlunto

Puluhan Jurnalis Sawahlunto, Kunjungi Dewan Pers dan Republika

Warta Andalas | Sabtu, 03 Februari 2018 - 17:04:12 WIB | dibaca: 286 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Sedikitnya, 27 orang wartawan dari berbagai media yang bertugas di Kota Sawahlunto dan 4 orang pendamping dari Humas yang terdiri dari Asisten Administrasi Pemerintahan Drs. Dedi Ardona, M.Si, Kepala Bagian Kominfo, Persandian, dan Humas Dodi Febrizal beserta dua orang staf,  melakukan studi komperatif dengan mengunjungi Dewan Pers, Senin 29 Januari – Rabu 2 Februari yang baru lalu.

Kunjungan kali ini, dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalisme para jurnalis Kota Arang. Pada kesempatan ini, Pemerintah Kota Sawahlunto juga ingin mengetahui tentang bagaimana suatu media yang telah diakui legalitasnya oleh dewan pers.

 

“Kami ingin menanyakan bagaimana suatu media telah diakui keabsahannya. Sebab, ada bagian humas di daerah lain diharuskan mengembalikan dana hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan karena melakukan kerjasama dengan media yang secara hukum belum memenuhi standar Perusahaan Pers”, ujar Dedi Ardona, di ruang rapat Dewan Pers.

Menanggapi hal itu, Pihak Dewan Pers yang diwakili Ratna Komala  menyarankan agar Pemerintah sebaiknya melakukan kerjasama dengan media yang telah diverifikasi oleh Dewan Pers.

Jika belum diverifikasi, setidaknya media yang telah memiliki surat keputusan dari Kementerian Hukum dan HAM sudah cukup,” kata wanita satu-satunya yang ada dalam struktur organisasi  Dewan Pers itu.

 

Disamping itu, dia menyarankan agar seluruh wartawan memiliki sertifikasi kompentensi wartawan dalam menghadapi era globalisasi saat ini. Apalagi, Indonesia masuk dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), dimana profesi apapun sudah dituntut harus profesional.

Untuk itu, seluruh wartawan yang belum memiliki sertifikasi kompetensi wartawan harus mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) minimal sampai dengan akhir tahun 2018,” himbaunya.

Acara diskusi yang dilaksanakan pada hari Selasa (30/1) ini sangat bermanfaat bagi para jurnalis maupun Pemerintah Kota Sawahlunto, dimana dengan waktu yang tidak begitu banyak sudah dapat memberikan sedikit kejelasan baik bagi Pemerintah Kota Sawahlunto sendiri, maupun para jurnalis.

 

Setelah dari Dewan pers, rombongan yang berjumlah 31 orang ini bertolak ke kantor Koran harian Republika, yang disambut langsung oleh Wakil Pemimpin Redaksi Nur Hasan Murtiaji beserta jajaran redaksi lainnya.

Setelah memperkenalkan satu persatu jajaran Republika, Nur Hasan menjelaskan tentang profil lengkap Perusahaan yang pada 4 januari lalu sudah memasuki usia yang ke 25 tahun.

Para jurnalis Kota Sawahlunto juga sangat antusias dengan pertemuan ini. Dengan beberapa penjelasan dari pihak Republika sudah banyak masukan yang didapat.

Terakhir, Asisten Administrasi Pemerintahan Drs. Dedi Ardona, M.Si juga menginginkan agar Republika juga mau membantu dalam hal mempromosikan Kota Wisata Tambang ini, serta mohon masukan dan saran demi memajukan kota Sawahlunto. (Ince)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)