Sawahlunto

Pramuka Taruna Bumi dan Saka Kalpataru Kwarcab Sawahlunto Dikukuhkan

Warta Andalas | Senin, 12 Februari 2018 - 13:47:57 WIB | dibaca: 148 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Anggota baru Pramuka Satuan Karya (saka) saka taruna Bumi
dan Kalpataru Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Kota Sawahlunto dikukuhkan, Minggu (11/2). Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Kwarcab Kota Sawahlunto Ismed di perkemahan Lubuk Titi kecamatan Talawi Pengukuhan dihadiri oleh Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman,
Pertahanan dan Lingkungan Hidup kota Sawahlunto, Adrius Putra, PamongSaka  Kalpataru dan Taruna Bumi dan dikemas dalam bentuk perkemahan Sabtu Minggu (Persami).

Ketua Kwarcab Sawahlunto, Ismed berharap, sebagai anggota saka Kalpataru yang juga merupakan anggota saka yang baru angkatan pertama harus dapat menjadi garda terdepan dalam menciptakan lingkungan hidup sehat serta perilaku yang lebih baik serta ramah lingkungan. Baik di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat. “Pelantikan ini sebagai awal yang harus dibina dan dikembangkan dalam
latihan yang dibina para pelatih, pamong saka dan pembina di Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertahanan dan Lingkungan Hidup ,”pinta Ismed. Dikatakan, dalam melakukan pembinaan dan upaya lingkungan hidup harus dimulai dari diri sendiri. Dan bukan semata tugas dan dinas terkait, tapi harus didukung bersama – sama agar dapat tercapai.

Ka Kwarcab juga menghimbau agar pramuka lebih proaktif dalam mengembangkan materi latihan. Kalau dapat apa materi yang telah diberikan oleh para pamong, terlebih dibidang pertanian yang harus lebih memanfaatkan lahan pekarangan apalagi lahan kosong. Kalau pandai mengembangkannya jadi bisa menghasilkan buat diri sendiri dan lingkungan dan masyarakat, pinta Ismed Sementara,  Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertahanan dan Lingkungan Hidup kota Sawahlunto, Adrius Putra menyatakan, pengukuhan anggota baru ini sudah melalui tahapan administrasi dan pembekalan pengenalan saka Kalpataru. Karna Saka Kalpataru baru berdiri tujuannya agar setiap anggota harus mengetahui sasaran dan tujuan dibina di Saka, terlebih sebagai penggerak lingkungan hidup bersih dan sehat, jelas Adrius. Pengukuhan anggota baru Saka Kalpataru dan Saka Taruna bumi yang ditandai penyematan lambing saka ini, juga dihadiri para kepala sekolah dan pembinan gugus depan penegak SLTA se kota Sawahlunto tempat asal peserta didik saka tersebut. (TAS)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)