Sawahlunto

Pramuka Gudep 03.045 - 03.046 SMAN 2 Sawahlunto gelar Perjusami

Warta Andalas | Minggu, 08 April 2018 - 19:06:41 WIB | dibaca: 177 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO –  Salah satu upaya membina karakter dan kerjasama dalamsatuan binaan di Gugus Depan Pramuka 03.045 - 03.046 SMAN 2 Sawahlunto, sebanyak 161 peserta didiknya mengikuti perkemahan Jum’at ,Sabtu dan Minggu (Perjusami).

Kegiatan diadakan di bumi perkemahan Kandi Sawahlunto, Jumat – Minggu (6-8/4). Kepala SMAN 2 Sawahlunto Japrizal mengatakan, dengan perkemahan di alam terbuka dapat menempa kemandirian dan membina karakter diri serta mental siswa. Terlebih dengan mengikuti rangkaian pembinaan keagamaan serta kegiatan dinamika kelompok.

“Dengan adanya kegiatan kemah ini mampu mengajarkan kepada siswa untuk dapat menumbuhkembangkan rasa kebersamaan dan saling tolong menolong di kalangan murid. Sehingga, mereka diharapkan memiliki tingkat kepribadian yang baik dengan rasa kepedulian sosial tinggi,” sebut Japrizal di Kandi, Sabtu (7/4).

Sebagai ekstrakurikuler wajib, lanjut Japrizal kepramukaan harus diikuti oleh seluruh peserta didik dalam sekolah tersebut. Sedangkan Model Blok adalah pola kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan yang diselenggarakan setahun sekali, yakni pada awal tahun ajaran baru. Bersifat wajib, setahun sekali, berlaku bagi seluruh peserta didik, terjadwal, dan diberikan penilaian umum.

Kegiatan juga didampingi oleh kops pelatih dari Kwarcab sehingga apa yang menjadi tujuan dari upaya menempa mental, budi pekerti, memperkuat iman dan takwa kepada Tuhan, melatih fisik agar kuat sehat serta memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan, dapat tercapai.

“Kita berharap, dengan terselenggaranya kemah blok ini dapat membentuk karakter dan sikap mandiri peserta didik. Selain itu, juga dapat memberikan pemahaman tentang wawasan kepramukan dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka nantinya,” harapnya.

Pembina Pramuka Gudep SMAN 2 Sawahlunto Khairul menambahkan, di samping mengikuti kegiatan rutin seperti shalat berjamaah, upacara latihan, peserta pramuka diwajibkan dari kelas X baik putra maupun putri dengan materi penjelajahan, pentas seni budaya, keterampilan, dinamika kelompok serta kepemimpinan dan tata upacara maupun api unggun.

 

“Harapan kita, melalui pendidikan kepramukaan akan timbul rasa memiliki, saling menolong, mencintai tanah air dan mencintai alam. Semoga, kegiatan ini berjalan lancar dan tertib sampai akhir kegiatan,” harapnya. (TAS)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)