Agam

Posyandu Melati Menjadi Andalan Agam Dilomba Posyandu Berprestasi

Warta Andalas | Selasa, 31 Juli 2018 - 09:43:03 WIB | dibaca: 267 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Posyandu Melati Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya mewakili Kabupaten Agam pada lomba kader Posyandu Berprestasi tingkat Sumbar tahun 2018.

Penilaian, Senin, (30/7), merupakan tahap ke-dua peninjauan lapangan setelah tahap penilaian expos yang disampaikan Kader Posyandu Berprestasi Susi beberapa waktu lalu di Padang.

Ketua Tim Penilai Lomba Kader Posyandu Berprestasi Integrasi dan PAUD tingkat provinsi, Ny. Nevi Irwan Prayitno sengaja survei lapangan terhadap Posyandu Melati.

Dalam penilaian ini tim penilai provinsi melakukan kunjungan langsung guna melihat sejauh mana keterpaduan pembinaan oleh pemerintah daerah setempat terhadap Posyandu Melati, selain itu melihat langsung aktivitas kader dalam memberikan pelayanan.

“Penilaian langsung ini juga untuk melihat peran kader dalam mengoptimalkan kinerjanya, sehingga keberadaan posyandu dirasakan manfaatnya dalam pemantauan dan pelayanan kesehatan ibu dan anak,” katanya.

Diharapkan, manfaat posyandu dapat dirasakan oleh masyarakat dan dari penilaian diketahui dukungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi dan swadaya dalam pengelolaan posyandu serta menetapkan kader posyandu berprestasi tingkat Provinsi Sumbar.

Ny. Nevi Irwan Prayitno datang bersama anggota tim langsung disambut Bupati Agam Indra Catri, Ketua TP-PKK Ny. Vita Indra Catri, Kepala OPD terkait, walinagari, dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua TP-PKK Agam, Ny. Vita Indra Catri menyebutkan, posyandu merupakan salah satu bentuk upaya penanganan kesehatan berbasis masyarakat. Posyandu tumbuh aktif dan menyatu dalam kehidupan serta budaya masyarakat.

Mengoptimalkan pelayanan kesehatan di setiap Kecamatan dan di 82 nagari, posyandu terlibat dalam penanggulangan kematian bayi dan anak balita dengan program pengendalian penyakit menular serta imunisasi.

Disamping itu lanjutnya, sebanyak 860 posyandu di Kabupaten Agam aktif menyelenggarakan pelatihan kader, promosi, menggalang kemitraan dan kerjasama dengan sektor swasta untuk meningkatkan aktifitas posyandu.

“Mencapai fungsi posyandu yang optimal, juga diperlukan mensinergikan dan mengintegrasikan dengan program lain, seperti, pelayanan posyandu terintegrasi PAUD, Posyandu Lansia dan Posyandu GSI,” ujarnya.

Bupati Agam Indra Catri mengungkapkan bangga dengan melajunya Posyandu Melati dan Kadernya Susi dalam penilaian kader Posyandu berprestasi tingkat Sumatera Barat tahun 2018.

“Kami berharap tim penilai melihat dan menilai secara objektif, apa yang ada sebenarnya di lapangan dengan harapan kader posyandu berprestasi menjadi terbaik di tingkat sumbar,” harapnya.

Bupati menambahkan, penyelenggaraan posyandu secara umum di Agam sudah terintegrasi dengan kegiatan PAUD dan Bina Keluarga Balita (BKB).

Oleh karena itu, pihaknya memberikan prioritas tinggi terhadap pengelolaan posyandu dan kegiatan lainnya yang terintegrasikan itu.

Berbagai kebijakan tersebut, memperlihatkan komitmen Pemkab. Agam terhadap pengelolaan posyandu.(khw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)