Sawahlunto

Polres Sawahlunto Gelar Konsolidasi Apel Pasukan Ops Mantap Brata 2018/2019

Warta Andalas | Rabu, 23 Oktober 2019 - 21:39:50 WIB | dibaca: 10135 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu 2019 pada Minggu 20 Oktober yang baru lalu, hari ini, (Rabu (22/10/19) Polres Sawahlunto menggelar Apel Pasukan Ops. Mantap Brata di Halaman Mapolres setempat.

Menurut kapolres Sawahlunto, AKBP. Junaidi Nur, SH, S.IK, Apel tersebut dilaksanakan untuk menutup Operasi Mantap Praja yang telah dilaksanakan sejak 20 September 2018 silam, dimana secara nasional telah dberakhir pada tanggal 21 Oktober 2019 kemarin.

Dalam apel tersebut juga ditandai dengan pelepasan pita tanda personel Ops Mantap Brata, yang diwakili oleh personel dari Polri, TNI, serta Satuan Polisi Pamong Praja.

Kapolres juga mengatakan sangat bersyukur atas suksesnya pelaksanaan Ops Mantap Brata hingga selesai.

“Sebagaimana diketahui bersama bahwa kehidupan demokrasi di Indonesia telah memberikan ruang kebebasan bagi masyarakat untuk berserikaat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi serta diberikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam pemerintahan yang luas,” sebutnya.

Berdasarkan UUD 1945, lanjut Kapolres, Pemilu merupakan wujud keikutsertaan seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan negara. Disamping itu, Pemilu adalah sarana demokrasi  untuk menyampaikan aspirasi rakyat dalam rangka membentuk negara yang berkedaulatan rakyat, sehingga yang lahir dari Pemilu merupakan kehendak rakyat dan dijalankan sesuai dengan keinginan rakyat.

“Mengingat arti penting dan strategisnya Pemilu bagi keberlangsungan kepemimpinan nasional, pemerintah dan pembangunan dalam mencapai tujuan negara, maka pada konteks inilah Polri sebagai penanggungjawab untuk mengawal, menjaga dan menagamankan penyelenggaraan Pemilu 2019,” imbuhnya.

Dikatakannya, hal ini dilakukan melalui menegmen keamanan yang terpadu dan komprehensif mengerahkan segala sumberdaya yang ada,  serta memperkokoh kerjasama sinergis dengan penyelenggara Pemilu, TNI, masyarakat dan mitra keamanan lainnya agar Pemilu berjalan aman, jujur, adil dan demokratis.

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata, termasuk masyarakat kota Sawahlunto secara umum.

“Sebab, masyarakat kota Sawahlunto telah turut mensukseskan jalannya Pemilu hingga dapat berjalan dengan aman dan kondusif,” pungkasnya.

Operasi Zebra Singgalang Dimulai

Sementara itu, usai apel pasukan Ops Mantap Brata, Polres Sawahlunto melanjutkan keegiatan Apel Pasukan Operasi Zebra Singgalang tahun 2019.

Menurut Kasat Lantas Polres Sawahlunto, IPTU, Danny Salman, SH, MH, kegiatan Ops Zebra Singgalang ini akan dilaksanakan mulai tanggal 23 Oktober hingga 5 November 2019 mendatang.

Dalam Operasi ini, pihaknya akan mengerahkan sebanyak 28 personel yang akan bertugas di 4 kecamatan yang ada di wilayah kota Sawahlunto ini.

“Operasi ini juga sebagai upaya Cipta kondisi pasca pelantikan Presiden dan wakil Presiden beberapa waktu yang lalu, serta meningkatkan ketaatan dan kepatuhan masyarakat terhadap Undang-undang Nomor 22 tahun 2019 tentang Lalu Lintas,” terangnya. (ap) 

Ini link videonya:

https://www.youtube.com/watch?v=fqaFU5XbqRE&t=182s 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)