Lintas Provinsi

Polres Malang Gelar Silaturahmi Antarulama NU - Muhammadiyah

Warta Andalas | Sabtu, 11 Februari 2017 - 09:05:10 WIB | dibaca: 192 pembaca

Polres Malang menggelar Silaturahmi Antarulama NU dan Muhammadiyah se-Kabupaten Malang di Kampus Universitas Raden Rahmat (Unira) Jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang baru-baru ini.

WARTA ANDALAS, MALANG - Sikap toleransi yang menjadi jati diri bangsa Indonesia, saat ini seolah hilang berganti dengan sikap mementingkan diri sendiri dan kelompok serta golongan. Melihat situasi seperti itu, Polres Malang menggelar pertemuan dengan menyatukan dua ormas Islam besar, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, baru-baru ini.

Pertemuan bertajuk Silaturahmi Antarulama NU dan Muhammadiyah se-Kabupaten Malang digelar di Kampus Universitas Raden Rahmat (UNIRA) Jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengatakan, ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah whatoniyah saat ini sangat penting untuk menjaga keutuhan NKRI dan juga Pancasila.

“Ini momen yang penting. Selain ajang silaturahmi, sekaligus wadah untuk menguatkan konsolidasi masyarakat di Kabupaten Malang bersama ulama dan antar umat beragama,” katanya.

Menurut dia, kebinekaan adalah perekat yang memunculkan nasionalisme, patriotisme dan cinta tanah air. Kebinekaan saat ini, hampir sirna. Berbagai bibit dan benih keretakan sangat mudah diaktifkan oleh kelompok tertentu yang mengarah ke dalam situasi kamtibmas yang tidak kondusif.

Hal itu diperparah dengan sering munculnya berbagai macam bentuk provokasi, ujaran kebencikan dan sebaran kabar hoax akhir-akhir ini.  Akibatnya, ancaman konflik sosial semakin nyata kalau saja tetap dibiarkan.

Nah, di sini, ulama punya peran penting dalam membangun kedamaian dan keamanan bangsa. Walaupun secara UUD negara memberikan kewenangan pada Polri untuk menegakkan hukum dan menyelenggarakan kamtibmas serta memberikan perlindungan, pengayoman dan melayani masyarakat, namun tanpa bantuan ulama itu semua tidak ada nilainya.

“Ulama juga berperan penting dalam mengajarkan pemahaman dan syariat Islam, memotivasi dan membekali ilmu duniawi sebagai bekal kehidupan serta mengajak umat islam membela kepentingan agama dan kedamaian,” tuturnya.

Oleh karena itu, Kapolres mengajak seluruh ulama NU dan Muhammadiyah di Kabupaten Malang untuk berperan langsung dalam mewujudkan situasi aman dan kondusif ditengah-tengah masyarakat, membangun peradaban Islam yang damai dan toleran. Serta menghilangkan potensi kehancuran yang mengarah pada perpecahan bangsa.

“Inilah poin penting yang kami tekankan dalam silaturahmi dengan para ulama se Kabupaten Malang. Mari kita bersama-sama memperkokoh ukhuwah untuk merawat dan menajaga NKRI dan Pancasila,” katanya. (ry)





Komentar : 2
cara alami mengatasi lemah syahwat pada pria dewasa
11 Februari 2017 - 09:16:47 WIB
Thanks for information admin. ****://zzb.bz/L34mK | ****://ow.ly/WcJIh | ****s://tr.im/JWUO3 | ****s://lnkd.in/d58bDKv
obat sakit kuning
11 Februari 2017 - 09:37:23 WIB
senangnya ilmu semakin bertambah
<<< 1 >>>


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)