Solok

Pol PP Kota Solok Amankan ABG Berusia16 Tahun

Warta Andalas | Senin, 05 Maret 2018 - 18:21:46 WIB | dibaca: 364 pembaca

WARTA ANDALAS, SOLOK - Sebut namanya Novia, (16) anak baru gadang (abg) asal Air Dingin Alahan Panjang Kabupaten Solok, diamankan Pol PP kota Solok ditaman bidadari jalan lingkar utara Kelurahan Kampung Jawa Kota Solok. Abg ini diamankan bersama tujuh orang temannya. Diamankannya abg ini ketika satuan Polisi Pamong Praja Kota Solok sedang melakukan operasi rutin terkait penegakan Perda Tibum. Saat itu abg ini sedang tidur-tiduran dekat mushola ditaman bidadari tersebut setelah satu minggu lebih berada di Kota Solok tanpa ada sanak saudara. 

Novia ini mengaku akan segera pulang ke Padang ketempat kakaknya yang bernama Yanti, beralamat di Koto Lalang Indarung, setelah sebelumnya temannya, yang bernama Tiwi (15) diamankan Pol PP Kota Solok, malam yang lalu. 

Irfan Birawa Negara, Kasi Pembinaan Pol PP dan Damkar didampingi Kasi Penyidikan, Jamalus, mengungkapkan Novia ini sudah dua kali diamankan. Pada penangkapan pertama abg ini dikirim ke kantor Dinas Sosial Kabupaten Solok. Oleh Dinsos abg ini diantar kekampungnya di Air Dingin Alahan Panjang. Tapi bersangkutan melarikan diri dan kemudian, Senin (5/3) kembali ditangkap Dinas Pol PP dan Damkar ditaman bidadari. Setelah dikoordinasikan dengan Dinas P3A Kota Solok, P3A menolak karena abg tersebut bukan warga Kota Solok. Novia ini putus sekolah dikelas 9 Tsanawiyah. Dengan pertimbangan masih dibawah umur dan masih bisa dilakukan pembinaan, abg ini bakal dikembalikan ketempat kakaknya di Indarung Padang. Sedangkan tujuh orang lagi, perempuan tiga dan pria empat orang sudah dikembalikan ke orang tuanya.

"Jika hari ini abg ini dikembalikan pada keluarganya agar kita dapat jaminan bahwasanya pada masa akan datang abg ini tidak lagi berkeliaran di Kota Solok sebagai anak dengan penyandang masalah sosial. Jika tertangkap lagi akan dikirim ke andam dewi" Kata Jamalus.

Gusmanri, Sekretaris Satuan Pol PP dan Damkar Kota Solok pada Warta Andalas mengatakan akan melakukan pembinaan kepada abg yang bernama Novia tersebut. Selain pembinaan abg ini juga bakal dikirim ke Puti Andam Dewi untuk pembinaan lebih lanjut. Tapi mengingat yang bersangkutan masih dibawah umur, ada kemungkinan abg ini dikirim kepanti remaja Padang Panjang, atau dikembalikan ketempat orang tuanya.

Kasat Pol PP dan Damkar Kota Solok, Bujang Putra, via handphone mengatakan segera menindaklanjuti laporan anggotanya dan akan segera mengirimnya kepanti di Padang Panjang. Pertimbangan pengiriman ke Padang Panjang dilakukan karena abg ini masih dibawah umur, sekitar 16 tahun. Sementara, jika dikirim ke Andam Dewi dikawatirkan yang bersangkutan akan terpengaruh oleh masalah penyandang masalah sosial yang ada disana. Dan penghuni andam dewi pada umumnya sudah dewasa. Selain itu, ada opsi lainnya dikembalikan ke orang tuanya. (zfk)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)