Lintas Provinsi

PNS Terkesima Paparan Politik PDI Perjuangan

Warta Andalas | Jumat, 17 Januari 2014 - 10:24:56 WIB | dibaca: 862 pembaca

WARTA ANDALAS, INDRAMAYU - Masih dari kegiatan Sosialisasi Partai Politik bagi para Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu. PDI Perjuangan ternyata mampu membuat PNS Indramayu terkesima dengan paparan politik yang disampaikan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Indramayu Samsul Bahri yang berlangsung Kamis (16/1) di Ruang Ki Tinggil Setda Indramayu.

Dalam paparannya Samsul Bahri mengungkapkan, proses demokrasi yang terjadi di Indonesia dan Indramayu saat ini sudah bisa berjalan dan dirasakan oleh masyarakat karena banyak tumbuhnya partai. Namun demikian, karena banyaknya partai kualitas demokrasi menjadi menurun. Partai politik melalui para politikusnya hanya mengedepankan konsep meraih suara sebanyak-banyaknya namun melupakan tujuan yang sesungguhnya yakni untuk mensejahterakan masyarakat.

Berbicara dihadapan ratusan PNS yang hadir, Samsul menegaskan, dalam sistem perpolitikan di Indonesia meskipun tidak mengenal oposisi, namun PDI Perjuangan tetap memposisikan diri sebagai oposisi sebagai kontrol terhadap penyelenggaraan pemerintahan yang ada. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya untuk menjaga kualitas demokrasi di Indonesia.

"Dalam politik juga dikenal politik santun, sehingga meskipun saya berbeda partai dengan Bupati Indramayu namun kami tetap menjalin komunikasi dan terus berdiskusi tentang permasalahan di Indramayu saat ini," tegas Samsul yang kemudian mendapatkan tepukan dari para PNS.

Sementara itu, menanggapi pertanyaan dari Kamsari salah seorang PNS dari Bagian Pertanahan Setda Indramayu menganai persepsi tentang netralitas PNS. Samsul mengatakan, bahwa PDI Perjuangan memiliki persepsi yang sama dengan PNS di Indramayu yakni PNS memiliki hak politik namun tidak turun langsung untuk berpolitik sebagaimana yang telah diatur oleh undang-undang. Diakui oleh dirinya, pemahaman terhadap netralitas PNS masih baru sebatas terhadap pengurus partai tingkat kabupaten, sementara pemahaman oleh kader partai dibawah masih sangat kurang sehingga mereka langsung memberikan tuduhan terhadap para PNS.

Sedangkan Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan  Kabupaten Indramayu Ir. Ahmad Budiharto menanyakan bagaimana konsep yang diusung oleh PDI Perjuangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indramayu terutama yang hidupnya masih dibawah garis kesejahteraan.

Diakhir paparannya, Samsul Bahri, menyampaiakn apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah memberikan ruang bagi partai politik untuk melakukan pendidikan politik bagi para PNS.

"Sosialisasi ini merupakan upaya saling belajar dan berdiskusi, kami dari partai banyak belajar dari PNS tentang pemerintahan begitupun sebaliknya para PNS juga diberikan pencerahan tentang perpolitikan. Kegiatan ini sangat membantu partai dalam sosialisasi, kegiatan ini bukan kampanye namun kami menjalin silaturahmi antara PNS dan partai, " tegas Samsul. (deni/humasindramayu)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)