Padangpanjang

PMI Padangpanjang Kewalahan Penuhi Permintaan Darah

Warta Andalas | Kamis, 23 Januari 2014 - 09:36:28 WIB | dibaca: 1142 pembaca

WARTA ANDALAS, PADANGPANJANG - Tingginya permintaan darah dari berbagai kalangan masyarakat di Padangpanjang membuat Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Padangpanjang kewalahan dalam menyediakan darah. Pengurus PMI Cabang Kota Padangpanjang Ferix Sonanda menyebutkan sejak kembali aktifnya kepengurusan PMI setempat, pihaknya cukup kewalahan untuk memenuhi permintaan darah dari masyarakat yang membutuhkan.

"Dari rekapitulasi yang ada, kebutuhan darah di Kota Padangpanjang mencapai 140 kantong perbulannya," katanya.

Menyikapi tingginya permintaan masyarakat terhadap kebutuhan darah, PMI Kota Padangpanjang terus melakukan upaya ketersediaan darah yang cukup untuk kebutuhan masyarakat yang membutuhkan.

"Saat ini kita hanya bisa menyalurkan melalui pendonor-pendonor aktif yang telah terdata di sekretariat PMI, termasuk dari kelompok-kelompok pendonor yang ada di masing-masing kelurahan," sebut Ferix.
Dikatakannya, dalam membutuhkan darah, biasanya masyarakat langsung
menghubungi pengurus-pengurus PMI ataupun mendatangi sekretariat, yang buka setiap harinya.

"Jika telah ada permintaan darah, kita langsung menyebarkan informasi melalui jejaring sosial maupun menghubungi langsung pendonor yang kemungkinan darahnya bisa diambil," jelasnya.

Ferix mengakui, untuk golongan darah tertentu PMI memang cukup kewalahan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, apalagi yang dibutuhkan dalam jumlah banyak.

"Namun, karena ini kerja sosial selalu ada solusi dalam setiap permasalahan yang dihadapi," sebutnya.

Dalam melakukan donor darah, lanjut dia, pihaknya bekerja sama dengan Unit Tranfusi Darah (UTD) RSUD Kota Padangpanjang. Jika kebutuhannya dalam jumlah banyak, terpaksa meminta bantuan ke PMI Cabang Bukittinggi.

"Kita menyadari, masih banyak memiliki keterbatasan baik dari jumlah peralatan maupun tempat penyimpanan darah. Sehingga, saat ini kita hanya menyalurkan pendonor sesuai dengan kebutuhan masyarakat," sebutnya.

Dijelaskannya, selain melakukan kerjasama dengan ikatan pendonor darah di masing-masing kelurahan, PMI juga terus menggalang kerjasama dengan sejumlah instansi guna menggalang kegiatan donor darah. (bento)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)