Purbalingga

Plt Bupati Tiwi Tebar Benih Ikan di Sungai Wotan

Warta Andalas | Rabu, 05 Desember 2018 - 09:36:25 WIB | dibaca: 110 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon, MM (Tiwi) melakukan penebaran benih ikan di Sungai Wotan masuk wilayah Desa Karangpucung Kecamatan Kertanegara. Penebaran benih ikan itu dilaksnakan dalam rangkaian kegiatan Gebyar Germas di lapangan desa setempat, Selasa (4/12).

Pada kesempatan tersebut Plt Bupati Tiwi bersama Ketua DPRD H Tongat, SH, MM, Sekda Wahyu Kontardi dan sejumlah pimpinan OPD melakukan penebaran 8000 benih ikan tawes, nila dan nilem. Sebelumnya, penebaran ikan juga dilakukan Plt Bupati di Sungai Lembarang Desa Pekalongan Kecamatan Bojongsari sebanyak 9000 ekor ikan yang sama.

“Semoga upaya ini (penebaran ikan-red) dapat bermanfaat bagi masyarakat, utamanya dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat,” ujar Plt Bupati.

Pada setiap kegiatan penebaran benih ikan, Plt Bupati selalu mengingatkan masyarakat agar menjaga dan melestarikan sumber daya perikanan yang ada di perairan umum. “Caranya jangan merusak. Walaupun boleh ditangkap, tetapi menangkapnya harus dengan alat tangkap yang ramah lingkungan. Boleh dipancing atau dijaring menggunakan mata jaring yang lebar sehingga ikan-ikan yang kecil tidak terbawa dan dapat berkembang menjadi ikan besar,” katanya.

Kapala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Ir. Sediyono berkata, setiap tahun DKPP Purbalingga melaksanakan program penebaran benih ikan di perairan umum. Pada tahun ini, dialokasikan benih ikan sebanyak 306.000 ekor terdiri dari empat jenis ikan yakni, tawes, melem, nila merah dan nila hitam. Titik penebarannya, lanjut Sediyono, sebanyak 38 titik sesuai dengan yang dimohonkan para kepala desa melalui penyuluh perikanan setempat.

“Sampai hari ini (4/12) sudah ditebar 272.000 benih ikan tersebar di 34 titik,” jelas Sediyono.

Menurut Sediyono, pada tahun-tahun mendatang kegiatan penebaran ikan di perairan umum akan terus ditingkatkan supaya masyarakat di sekitar perairan umum dapat terdampak manfaatnya dan lebih banyak mengkonsumsi ikan. Sehingga diharapkan angka konsumsi ikan di kabupaten Purbalingga juga semakin meningkat. (Hr/humas) 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)