Sawahlunto

Pleno KPU, DPS Pilwako Sawahlunto 45.008 Pemilih

Warta Andalas | Minggu, 18 Maret 2018 - 13:34:56 WIB | dibaca: 250 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO – Rapat pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutahiran dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilihan Walikota - Wakil Walikota Sawahlunto 2018 ditetapkan sebanyak 45.008 pemilih.

Pada pleno yang dipimpin Ketua KPU Kota Sawahlunto Afdhal, Jum’at (16/3) itu merekapitulasi jumlah 45.008 orang , pemilih laki-laki sebanyak 22.217 dan perempuan sebanyak 22.791. Yang tersebar di 131

Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 37 desa dan kelurahan dikota ini. Dia menambahkan sesuai rincian formulir model A.1.3-KWK di kecamatan Silungkang dengan 7.852 pemilih, di kecamatan Lembah Segar dengan 4.832 pemilih.

“Untuk di kecamatan Barangin sebanyak 13.605 pemilih sedangkan kecamatan Talawi sebanyak 13.733 pemilih,” jelas Afdhal yang juga dihadiri Komisioner Akhaswita, Desi fardila, Indra Yosef dan Zawil Husaini di Hall PT BA Ombilin.

Sebelum penetapan, KPU juga melakukan uji petik DPS dengan mengusulkan data pada tim pemenangan, baik tim pemenangan Fauzi Hasan – Dasrial Ery dan tim Deri Asta-Zohirin Sayuti merasa puas termasuk dalam DPS tersebut.

Dikesempatan itu, ketua Panwaslu kota Sawahlunto Dwi Murini berharap, masyarakat memanfaatkan kesempatan yang ada untuk memastikan nama mereka sudah terdaftar dalam DPS yang diumumkan di kantor lurah desa setempat.

Dengan mengecek DPS yang ada di kantor kelurahan, kata dia, warga juga bisa mencari tahu di TPS (Tempat Pemungutan Suara) mana mereka akan menggunakan hak pilihnya pada hari pencoblosan nanti.

Menurut Dwi , sikap proaktif petugas bersama  masyarakat sangat membantu dalam agar jelang Daftar Pemilih Tetap (DPT) nanti tak ada warga yang memiliki hak pilih tak terdaftar.

“Dan panwas juga akan menyerahkan data serta penelitian beberapa pemilih dengan status serta ada yang belum terlengkapkan kepada KPU Sawahlunto,” jelasnya.

Usai pleno KPU kota ini menyerahkan berita acara hasil rekapitulasi kepada Panwas dan Polri. Namun hanya menyerahkan kedua tim pemenangan yakni tim pemenangan Fauzi Hasan – Dasrial ERy dan tim pemenangan Deri Asta - Zohirin karna tim pemenangan Ali Yusuf-Ismed sampai akhir pleno itu tak hadir. (TAS)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)