Mentawai

Pilkada Mentawai: Sementara Paslon Yudas - Korta, Unggul

Warta Andalas | Kamis, 16 Februari 2017 - 17:04:27 WIB | dibaca: 467 pembaca

 

WARTA ANDALAS, MENTAWAI - Dari penghitungan cepat  atau quick count yang diadakan di posko pemenangan utama pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Mentawai, Yudas - Korta (YK), yang ramai disaksikan pendukung paslon nomor urut 1 ini, mereka optimis menang.

Tim pemenangan YK mengadakan real count secara live di posko utamanya, Rabu sore (15/02). Data dari jam ke jam, data yang masuk selalu diupdate sehingga baru pada pukul 6 sore, data yang masuk sudah hampir lengkap semua.

Berdasarkan data perhitungan sementara di Posko Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet dan Kortanius Sabeleake pada Kamis (16/2/2017) sekira pukul 11.30 WIB, pasangan ini meraih suara sebanyak 21.925 suara mengungguli kandidat calon nomor urut 2 atau Rijel Samaloisa- Binsar Saleleubaja,  dengan perolehan 17.909 suara. Selisih suara kedua paslon itu mencapai 10 persen atau 4.016 suara.

Menurut Hendri, yang ditugaskan mengkoordinir real count menyampaikan, real count dihitung berdasarkan data C-1 yang diperoleh saksi-saksi YK, yang ada di setiap TPS. Dimana setiap saksi tersebut mengirimkan hasil pencoblosan melalui SMS Center. 

Tim Pemenangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet dan Kortanius Sabeleake (YK) atau nomor urut 1 mengklaim menang pada Pilkada Mentawai 2017.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan, Payung  mengatakan, total suara yang masuk dari perhitungan mereka di seluruh TPS di Mentawai sebanyak 76 persen dari total suara yang terdaftar dalam DPT. Namun jika dikalkulasi semua antara suara belum masuk dikurangi jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya, maka perhitungan suara di posko mereka telah mencapai 95 persen.

"Sisa suara yang sedang ditunggu tinggal 5 persen atau sekira 2.848 suara," kata Payung kepada Media massa, Kamis (16/2).

Dari rekapitulasi sementara, kata Payung, dapat dipastikan pasangan yang mereka usung yakni Yudas Sabaggalet - Kortanius Sabeleake unggul 55 persen dari Paslon Rijel Samaloisa - Binsar Saleleubaja yang memperoleh 45 suara.

"Kalaupun dari sisa suara tersebut yakni 2.848 seluruhnya memilih pasangan RB maka perolehan suara YK tetap unggul, sebab selisih suara yang telah masuk mencapai 44.016 suara antara kedua paslon tersebut," ujarnya.

Meski begitu, kata Payung, pihaknya tetap menunggu penetapan hasil resmi dari KPUD Mentawai.

Sementara untuk memastikan perolehan suara, Payung  menyebutkan, seluruh saksi dan tim pada masing-masing TPS harus mengamankan formulir C1 sebagai bukti perolehan suara saat pleno di tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

Sementara dari update pukul 12.00 WIB, perolehan suara sementara yang terpantau dari Posko Rijel-Binsar di kilometer 6, pasangan Yudas-Korta unggul dari Rijel-Binsar, dimana sebelumnya perolehan suara sempat unggul pada pasangan Rijel-Binsar tadi malam.

Data terkini, suara yang masuk di Pokso RB sebanyak 39.891 suara dimana pasangan Yudas-Korta memperoleh 20.535 suara unggul dari Rijel-Binsar sebanyak 19.356 suara.

Robertil Saogo, salah satu timses Rijel-Binsar yang berada di poskonya mengatakan, masih ada suara yang belum masuk ke Posko RB. "Seperti dari Siberut Barat masih ada sebagian suara yang belum masuk.

Kemudian suara dari TPS lain yang belum masuk dari Siberut Barat Daya bagian luar, kemudian daerah Sinakak, Pagai Selatan," katanya. (heri)





Komentar : 1
cara mengobati penyakit difteri secara alami
17 Februari 2017 - 08:58:24 WIB
Bangga sekali kami, dapat menyimak artikel bemanfaat ini. ****://zzb.bz/LJSpj | ****://ow.ly/Vc16X | ****s://tr.im/2ZVRW
<<< 1 >>>


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)