Sawahlunto

Pilkada di Sawahlunto: Meski TNI Tak Berpolitik, Persit Punya Hak Pilih

Warta Andalas | Rabu, 14 Maret 2018 - 23:16:20 WIB | dibaca: 194 pembaca

WARTA ANDALAS, SAWAHLUNTO - Sebanyak 50 anggota TNI Kodim 0310/SS mengikuti kegiatan jelang Pilkada di Kota Sawahlunto yang disampaikan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Sawahlunto. Kegiatan yang dihadiri anggota Persit, FKPPI dan PPM itu digelar, Rabu (14/3/2018) di aula Makodim 0310/SS di Muaro Sijunjung.

Sesuai dalam UU No.34 tahun 2004 TNI  dalam Pemilu/Pilkada. Meski begitu, istri-istri (Persit) TNI punyak hak pilih dalam Pilkada/Pemilu. "Persit punya hak pilih dalam Pilkada/Pemilu dan kalau prajurit TNI nertal sesuai UU No.34 tahun 2004," kata Ketua KPUD Sawahlunto, M. Afdhal, SE.

Kegiatan tersebut dihadiri Dandim 0310/SS Letkol.Inf.Irvan Yusri,SIP diwakili Kasdim 0310/SS, Mayor inf Idham khalid, S, Ag dan perwira Kodim 0310/SS lainnya.

Menurut Dandim, sesuai tema prajurit TNI Kodim 0310/SS, "Melalui pembinaan netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada Kita Wujudkan Prajyrit Yang Profesionsl, Tidak Berpolitik, Praktis, Netral dan Tidak Berpihal Demi  Suksesnya Penyelenggaraan Pemilu/Pilkada di Seluruh Wilayah NKRI". 

Dalam acara tersebut Ketua KPU Sawahlunto secara gemleng menyampaikan UU RI nomor 34 tahun 2004, tentang TNI netral dalam Pemilu/Pilkada.

Bahkan ia menhhimbau pada ibu-ibu Persit supaya menggunakan hak pilihnya sesuai dengan pilihan masing-masing sebagai WNI walaupun suaminya tidak punya hak pilih.

"Sampai saat ini kgiatan Pilkada di Sawahlunto sudah sampai tahap kampanye dari masing-masing Paslon. Untuk itu  dihimbau untuk TNI dalam menjaga netralitas bisa menjaga keamanan selama tahap-tahap Pemilu/Pilkada," pinta Ketua KPUD Sawahlunto.  (sr)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)