Purbalingga

PGRI Purbalingga Gelar Donor Darah

Warta Andalas | Jumat, 16 November 2018 - 21:58:27 WIB | dibaca: 119 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Purbalingga mengadakan acara donor darah di aula gedung PGRI Purbalingga, Jumat (16/11) kegiatan donor darah tersebut merupakan rangkaian HUT PGRI ke-73 dan Hari Guru Nasional (HGN) 2018 yang diikuti sekitar 38 orang anggota PGRI Kabupaten Purbalingga.

Sekretaris PGRI Purbalingga, Tohirin yang ditemui saat acara mengatakan, kegiatan tersebut rutin dilakukan beberapa tahun belakangan saat mendekati hari jadi PGRI dan HGN. Menurutnya, kegiatan tersebut guna membangun kesadaran pada anggota PGRI akan kemanusian karena setetes darah mereka akan bermanfaat bagi yang membutuhkan.

“Ini untuk membangun kesadaran tentang rasa kemanusian karena setetes darah dari anggota akan sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan,” kata Tohirin

Tohirin menambahkan, dari tahun ke tahun kesadaran untuk berdonor darah meningkat. Dia mencontohkan dirinya yang pada awalnya takut untuk melakukan donor darah. Namun lama kelamaan donor darah adalah sebuah rutinitas yang justru akan menyehatkan pendonor. “Dulu saya takut. Tapi justru sekarang menjadi rutinitas dan itu diikuti oleh banyak anggota yang lain,” imbuhnya.

Kemudian Tohirin menceritakan pentingnya donor darah bagi yang membutuhkan. Kala itu sang keponakan tidak sadarkan diri karena penyakit demam darah dan segera membutuhkan tranfusi darah. Dia menyebut sebuah mukjizat kala sang keponakan bisa tertolong dan bisa sembuh karena pertolongan pendonor darah bahkan sekarang tumbuh menjadi anak yang aktif.

“Dulu keponakan saya sudah tidak sadarkan diri karena demam berdarah. Waktu itu harus segera ditranfusi dan Alhamdulillah bisa tertolong malah sekarang aktif sekali anaknya,” ujarnya.

Salah satu peserta Tri Anton Joko Pramono menuturkan, dirinya sudah 35 kali mengikuti donor darah. Dia mengaku selalu bersemangat mengikuti donor darah karena banyak manfaat yang didapat. Selain bisa menolong dan menyehatkan badannya, kegiatan donor darah merupakan wadah silaturahmi dan saling mengenal. Lebih dari itu, melalui kegiatan tersebut pendonor bisa saling mengetahui golongan darah peserta lain dan jika suatu saat dibutuhkan bisa langsung dihubungi.

“Manfaatnya banyak dan juga kita bisa tahu golongan darah peserta lain. Jadi suatu saat membutuhkan kita bisa langsung menghubungi yang bersangkutan,” pungkasnya. (KP-4)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)