Lintas Provinsi

Peserta PW Bali, Bangun 10 Jamban Untuk Warga Patas

Warta Andalas | Selasa, 08 Oktober 2019 - 19:52:31 WIB | dibaca: 56 pembaca

WARTA ANDALAS, BALI - Peserta perkemahan Wirakarya (PW) daerah Bali tahun 2019 secara bertahap dan bergantian membangun 10 unit jamban untuk 10 kepala keluarga di Desa Patas Kecamatan Gerokgak.

Singaraja, Turut serta dalam program Bali Sehat, kegiatan perkemahan Wirakarya (PW) daerah Bali tahun 2019 yang berlangsung di Bumi Perkemahan Patas, Desa Patas Kecamatan Gerokgak dilakukan pembangunan 10 unit jamban untuk warga disekitar lokasi perkemahan di Desa Patas Kecamatan Gerokgak yang dilakukan Pramuka Penegak dan Pandega sebagai peserta kegiatan PW Bali tersebut.

Usai membuka secara resmi pelaksanaan PW Daerah Bali, Selasa (8/10/2019), Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali, Dewa Made Indra yang juga Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali mengatakan, pembuatan atau pembangunan jamban untuk warga tidak semata-mata memberikan bantuan jamban tersebut, namun upaya edukasi dilakukan secara langsung untuk menuju Bali Sehat.

“Kita terus bergerak menuju Bali Sehat, salah satu persoalan dalam membangun Bali Sehat ini adalah persoalan sanitasi. Sanitasi ini masih menjadi persoalan yang menyebabkan skor kita masih berkurang dan kita ingin membawa pramuka menjadi bagian dari upaya mewujudkan program-program pembangunan Bali sehingga kita bawa pramuka ke hal yang lebih tepat. Disini persoalannya memang persoalan jamban menjadi penting ya, sehingga kita melakukan edukasi terlabih dahulu disamping menyiapkan sarananya sebagai bantuan yang konkrit, sehingga antara edukasi dan dukungan sarana berjalan bersamaan,” papar Dewa Indra.

Sekda Bali Dewa Indra mengatakan, dipilihnya Desa Patas sebagai lokasi perkemahan wirakarya sebagai upaya untuk membentuk kepedulian anggota pramuka terhadap lingkungan kehidupan masyarakat serta sebagai pola untuk membentuk karakter generasi muda. “Ini kegiatan positif sebagai bagian pembinaan pramuka dan juga membangun kepedulian sosial kepada lingkungan dan masyarakat disamping persiapan kegiatan nasional,” ujarnya.

Ketua Kwarcab Buleleng, Dewa Ketut Puspaka yang juga Sekda Kabupaten Buleleng mengatakan, untuk kali pertama Buleleng dipercaya sebagi tuan rumah kegiatan kepramukaan di Bali sehingga secara optimal telah dilakukan persiapan termasuk mendukung program yang dilakukan Kwarda Bali. “Sebagai tuan rumah kita sudah menyiapkan seluruhnya dan siap mengamankan serta melaksanakan kegiatan termasuk juga menyiapkan peserta untuk kegiatan ini secara bertahap,” paparnya.

Sementara, dalam pembukaan pelaksanaan PW Daerah Bali yang berlangsung di lapangan utama Buper Patas, Desa Patas Kecamatan Gerokgak ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penyerahan alat kerja dari Sekda Bali kepada peserta serta pengibaran bendera kegiatan yang menandai dimulainya pelaksanaan PW Bali tersebut.

Dalam kegiatan mengusung tema Dengan semangat gotong royong tunas muda bersatu, berkarya, dan berbakti membangun Bali diserahkan penghargaan lencana dharma bakti terhadap empat penerima, lencana dharma bakti sebagai bentuk apresiasi dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kepada insan-insan yang telah mengabdikan dirinya untuk jangka waktu tertentu disematkan langsung Sekda Bali Dewa Indra kepada Dewa Ketut Puspaka selaku Sekda Kabupaten Buleleng yang juga menjabat sebagai Kakwarcab Buleleng, Sonny Prima Sanjaya Selaku Andalan Cabang Denpasar, I Made Badrawan sebagai Andalan Cabang Denpasar, dan Made Ariawan sebagai Sekretaris Cabang Denpasar. (IMO)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)