Solok

Peserta JKN-KIS Tetap Mendapatkan Pelayanan Selama Mudik Lebaran

Warta Andalas | Senin, 27 Mei 2019 - 20:25:19 WIB | dibaca: 103919 pembaca

WARTA ANDALAS, SOLOK - Peserta BPJS Kesehatan Nasional JKN-KIS tidak perlu kawatir tidak mendapatkan layanan kesehatan selama lebaran, mulai H-7 sampai H+7 selama lebaran tahun 2019. Atau tepatnya mulai tanggal 29 Mei -13 Juni 2019. Pada masa lebaran ini peserta BPJS JKN-KIS tetap mendapatkan pelayanan kesehatan difasilitas kesehatan yang ditunjuk dan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, termasuk pada saat mudik keluar kota. Selain itu, BPJS Kesehatan memberikan kemudahan porbalitas bagi peserta JKN-KiS.

Rizka Adhitia, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok dalam konferensi Pers dengan awak media, yang mengangkat tema "Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan", Senin (27/5) mengatakan bagi masyarakat yang sedang mudik bisa mendapat layanan kesehatan diluar kota. Peserta dapat mengunjungi fasilitas kesehatan yang ditunjuk atau yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP.

"Peserta BPJS Kesehatan JKN-KiS  yang sedang mudik lalu membutuhkan pelayanan kesehatan diluar kota, maka dapat mengunjungi fasilitas kesehatan FKTP walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut. Layanan dapat diperoleh FKTP dengan fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Peserta dapat mendaftar online pada BPJS Kesehatan dengan Call Center 1500 400 atau membuka Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan," kata Rizka Adhiati.

Kemudian, jika pelayanan terjadi pada saat libur lebaran dan peserta membutuhkan pelayanan kesehatan diluar jam pelayanan FKTP, peserta dapat dilayani di IGD RS terdekat. "Pada kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan, mulai dari tingkat pertama maupun lanjutan, wajib memberikan pelayanan penanganan pertama pada peserta JKN-KIS. Selama peserta menjalani prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperoleh berdasarkan indikasi medis, maka dijamin akan dilayani. Ditegaskan fasilitas kesehatan juga tidak diperkenankan menarik iuran atau biaya apapun," terangnya.

Layanan ini hanya diperuntukan bagi peserta BPJS JKN -KIS yang kepesertaanya aktif dan tidak menunggak. Peserta dapat mengecek riwayat tagihan atau pembayaran iuran JKN-KIS melalui aplikasi Mobil JKN-KiS secara gratis di Playstore atau Appstore. Didalamnya menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan terdekat, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya iawab BPJS Kesehatan, info, Tips, lokasi penting, serta medsos BPJS Kesehatan.

Selain itu ada pelayanan khusus peserta BPJS JKN-KIS. Untuk luar pulau jawa dimulai tanggal 3, 4, 7, Juni 2019 pukul 08.00 - 12.00 waktu setempat. Peserta juga dapat melakukan pendaftaran bayi baru lahir (khusus peserta PPU dan PBI, percetakan kartu bayi baru lahir, perbaikan data dan pencetakan kartu peserta PBI yang sedang dirawat inap, re-aktivasi anak PPU berusia diatas 21 tahun yang sedang kuliaj dan sedang rawat inap, dan penanganan pengaduan yang membutuhkan solusi negara.

Saat ini, RSU Sijunjung Kabupaten Sijunjung menolak bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Solok karena RSU tersebut sedang proses akreditasi. Permenkes Nomor 71 tahun 2017 menjelaskan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan adalah rumah sakit yang terakreditasi. (Zfk)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)