Lintas Provinsi

Peserta JKN – KIS Dapat Fasilitas Kesehatan Khusus Saat Mudik Lebaran

Warta Andalas | Rabu, 21 Juni 2017 - 10:33:22 WIB | dibaca: 124 pembaca

WARTA ANDALAS, ATAMBUA - Sebagai wujud kepedulian Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal memperoleh pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS menjelang libur Hari Raya Idul Fitri tahun 2017. BPJS Cabang Atambua mengelar Konfrensi Pers dengan tema “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan” di Lantai 2 kantor BPJS Cabang Atambua. Konfrensi pers tersebur dihadiri oleh seluruh insan Pers baik media cetak maupun elektronik yang bertugas di Kabupaten Belu Kamis, (15/06). 

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat diluar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Dan untuk prosedurnya, Peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD Rumah Sakit terdekat yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Kebijakan ini sendiri berlaku sejak tanggal 19 Juni hingga 2 Juli 2017,” jelas Kepala BPJS Kantor Cabang Atambua Endang Triana Simanjuntak dalam Konfrensi Pers.

Endang mengatakan untuk seluruh wilayah Indonesia BPJS Kesehatan membuka Posko MUdik di 8 (delapan) titik padat penduduk dan padat mudik yakni Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makasar, Pelabuhan Gilimanuk Bali dan Pelabuhan Merak Banten. 

“Sedangkan untuk wilayah Atambua Pihak BPJS KEsehatan telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Belu dan RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD Atambua untuk menyiapkan Fasilitas Kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Belu selama libur Hri Raya Lebaran,”ujarnya

Lebih lanjut Endang menegaskan masyarakat Kabupaten Belu baik yang tidak berlibur dan tetap berada di tempat domisili masing-masing dan yang sedang berlibur dan mengalami sakit tetap bisa mendapatkan Fasilitas Kesehatan yang terdekat, dan yang terutama selalu membawa Kartu BPJS-KIS yang masih aktif dan Kartu Identitas. 

“Selama libur Lebaran 2017, masyarakat tetap bisa meghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar, mendapat informasi, melakukan pengaduan, konsultasi kesehatan, pelayanan administrasi peserta (mutase dan aktivasi) serta mengetahui denda pelayanan. Untuk layanan Care Center dapat diakses 7x24 jam, sementara khusus layanan konsultasi kesehatan dapat diperoleh pada Senin-Jumat 07.00-20.00 WIB,”terangnya

Dalam kesempatan itu Endang juga mengingatkan agar para peserta JKN-KIS harus selalu memastikan telah membayar iuran dengan disiplin agar status kepertaannya selalu aktif. Sementara itu untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu Cek Iuran

“Untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di Website BPJS Kesehatan, Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau Melalui Care Center BPJS Kesehatan. Selain itu untuk memperlancar peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS kesehatan juga telah menciptakan ApLikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.”Endang memungkasi.(pkpsetdabelu)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)