Purbalingga

Peringati Hari Jadi, Desa Kaliori Adakan Karnaval

Warta Andalas | Minggu, 23 September 2018 - 08:40:33 WIB | dibaca: 165 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Desa Kaliori Kecamatan Karanganyar, memperingati Hari Jadi ke-174, Sabtu (22/9). Pada perayaan tersebut dilaksanakan aneka kegiatan meriah baik yang bersifat edukatif maupun seni budaya.

Kepala Desa Kaliori, Ada Subarkat menyampaikan beberapa kegiatan tersebut diantaranya lomba sepak bola putri, senam bersama, lomba voli putri dan putra, lomba adzan tingkat SD, lomba musabaqoh tilawatil Quran (MTQ) tingkat remaja, lomba pidato keagamaan, cerdas cermat tingkat SD.

“Selain itu juga ada tumpengan di seluruh RT, lomba Hadroh, lomba kaligrafi. Ada juga kegiatan kemasyarakatan seperti Ziarah dan besih makam, tirakatan, pengajian, pada pagi ini ada Karnaval dan nanti malam ada Ruwat Bumi (wayang kulit),” katanya dalam acara Karnaval di Lapangan Desa Kaliori.   

Karnaval diikuti masyarakat yang terbagi dari beberapa dusun. Mereka menampilkan gunungan hasil bumi, aneka kostum festival, barisan berbagai Ormas dan iring-iringan berbagai musik. Pada kesempatan ini, Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM (Tiwi) bersama suami dan rombongan dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga juga turut menghadiri peringatan hari jadi ini.

Plt Bupati Tiwi menyampaikan selamat kepada segenap warga masyarakat Kaliori yang desanya sudah berusia 174 tahun. “Oleh karenannya di momentum ini ada 2 hal yang perlu diperhatikan. Yaitu evaluasi dan interprospektif,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, evaluasi adalah melihat kembali apa yang telah dilakukan baik masyarakat maupun Pemerintah Desa (Pemdes) selama ini, apa saja sumbangsih yang telah diberikan untuk desa. Sedangkan interprospektif adalah meneropong ke depan, punya wacana-wacana apa yang akan dilakukan ke depan untuk membangun Desa Kaliori.

“Momentum hari jadi ini juga kita jadikan sarana untuk bersyukur, terikmakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kenikmatan tanah yang subur, udara yang segar dan hasil bumi yang melimpah di Desa Kaliori. Memoentum ini juga sebagai ajang meningkatkan soliditas, guyub rukun antar warga, antar dusun dan warga dengan pemerintah desa,” katanya.

Tidak ketinggala, Plt Bupati Tiwi juga menginformasikan akan adanya Pilkades pada bulan Desember mendatang. Pilkades tersebut akan dilaksanakan serentak di 185 desa di Purbalingga termasuk Kaliori. Tentunya nanti akan ada beberapa calon Kades, dan ia berharap masyarakat Desa Kaliori turut mensukseskan Pilkades.

“Yang namanya berbeda pilihan itu biasa, yang penting bagaimana agar beda pilihan itu tidak membuat terpecah belah. Harapannya kades yang terpilih nantinya bisa membangun Desa Kaliori yang lebih baik lagi,” ujarnya. (Gn/Humas)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)