Agam

Peran Pusdalops PB Satgas BPBD Sebagai Ujung Tombak Saat Melaksanakan Tugas

Warta Andalas | Rabu, 14 Maret 2018 - 15:21:46 WIB | dibaca: 184 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Peran Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) dan Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam cukup strategis dalam melaksanakan tugas sebagai ujung tombak di lapangan. Pusdalops PB dan BPBD Agam juga satu kesatuan yang saling mendukung.

“Tidak ada artinya keberadaan kita bila tidak kompak dalam tim. Peforma atau penampilan harus siap saat terjadinya insiden,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Agam, M. Lutfi saat membuka rapat bersama Pusdalops PB dan Satgas BPBD, Selasa (13/3) di ruang rapat BPBD setempat.

Menurutnya, tugas Satgas BPBD cukup berbeda dengan OPD lain. Keberadaannya diakui oleh seluruh stakeholder dan mitra kerja lainnya. Ketangguhan dan kecepatan setelah menerima informasi diatur oleh manajer selaku koordinator lapangan.

“Tim dan pasukan BPBD memiliki spesifik khusus dan berbeda dengan OPD lain. Dalam hal ini diakui keberadaannya saat penanggulangan bencana,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan tugas, Satgas dan Pusdalops di lapangan selama ini telah mampu memberikan kepercayaan terhadap masyarakat dan selalu siaga selama 2 x 24 jam.

M. Lutfi menghimbau kepada seluruh Satgas dan Pusdalops Penanggulangan Bencana untuk dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing untuk bekerja dengan baik, terutama di bagian pendataan dari petugas pusdalops.

“Informasi data saat terjadi bencana sangat diperlukan untuk dikomunikasikan. Data akurat saat tanggap darurat sangat diperlukan. Sehubungan dengan itu, perlu pembagian tugas yang jelas. Dengan demikian, tugas dan tanggung jawab masing-masing kita dapat terlaksana dengan baik sesuai protap yang ada,” ujarnya.

Rapat bersama Satgas dan Pusdalops Penanggulangan Bencana dilaksanakan dalam suasana semangat, terkait hari ini, Kalak BPBD Agam M. Lutfi berulang tahun yang ke 45 tahun, yang dirayakan usai rapat bersama. (Khw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)