Purbalingga

Pengelola Perpusdes Diajari Pembuatan Blog dan MC

Warta Andalas | Kamis, 08 November 2018 - 09:40:55 WIB | dibaca: 82 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarspus) Kabupaten Purbalingga mengadakan pelatihan membuat blog dan pembawa acara (MC) bagi pengelola Perpustakaan Desa (Perpusdes) dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Kabupaten Purbalingga. Pelatihan tersebut merupakan program Dinarspus untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola Perpusdes dan TBM di Kabupaten Purbalingga.

“Pelatihan ini dalam rangka kami bermitra dengan Perpuseru yakni Coca Cola Foundation itu kan memang ada kegiatan pelibatan masyarakat,” kata Sekretaris Dinarspus Kabupaten Purbalingga, Jiah Palupi saat dihubungi, Rabu (7/11).

Ia menjelaskan pelatihan ini sebagi wujud replikasi program Perpuseru dimana salah satu kegiatannya adalah memberikan pelatihan keterampilan bagi Perpusdes dan TBM. Pelatihan Pembuatan Blog sendiri dilaksanakan pada Selasa (6/11) dan MC pada Rabu (7/11).

“Untuk peserta pelatihan blog diikuti sekitar 40 orang dan mc pesertanya sama 40 orang namun dengan orang yang berbeda,” ujarnya.

Tujuan pelatihan pembuatan blog bagi pengelola perpusdes dan TMB dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi pengelola Perpusdes dan TBM. Karena di era digital saat ini perpustakaan dituntuk untuk tidak hanya menyediakan naskah ataupun buku bacaan melainkan sudah mulai masuk ke arah perpustakaan digital.

“Jadi pelatihan ini kurang lebih membekali peserta sehingga mereka bisa melek internet, sehingga kemampuannya nanti bisa diaplikasikan di perpustakaan,” tegas Jiah.

Sedangkan pelatihan MC dilakukan guna membekali pengelola perpusdes dan TBM agar memiliki kemampuan menjadi pembawa acara. Karena, menurut Jiah kemampuan menjadi seorang MC tidak muncul begitu saja dan bakat menjadi MC sangatlah jarang dimiliki kebanyakan orang.

“Dalam berbagai kesempatan pembawa acara itu pasti selalu ada baik acara di desa dan dimanapun itu kan pasti muncul. Nah kemampuan seperti itu kan butuh latihan, butuh tata cara dan sebagainya,” terangnya.

Sehingga ke depan pengelola perpustakaan dapat menjadi pembawa acara yang dibutuhkan dalam setiap kegiatan baik di lembaga maupun instansi atau organisasi lain yang digelutinya. Pengeloa Perpusdes dan TBM juga memiliki kompetensi dalam mengelola blog.

“Harapannya pengelola Perpusdes dan TBM di Kabupaten Purbalingga memiliki kompetensi membuat blog sebagai sarana publikasi perpustakaan yang dikelola di dunia maya agar lebih dikenal dan bisa menjadi pembawa acara yang baik dan aktif di setiap kegiatan yang membutuhkan MC,” harap Jiah. (PI-7)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)