Payakumbuh

Pemko, Muspida, KPU dan Panwaslu Payakumbuh Sepakat Sukseskan Pemilu 2014

Warta Andalas | Kamis, 23 Januari 2014 - 18:16:47 WIB | dibaca: 1264 pembaca

WARTA ANDALAS, PAYAKUMBUH - Temu ramah jajaran pemko dengan anggota Muspida Plus, KPU dan Panwaslu Payakumbuh, di Balairung rumah dinas kediaman walikota di Jalan Rky. Rasuna Said Payakumbuh, Selasa (21/1) malam, berbuah manis. Dalam acara yang difasilitasi Kantor Kesbangpol itu,  seluruh unsur penyelenggara Pemilu sepakat untuk menyuseskan peserta demokrasi tersebut dengan tertib, aman dan lancar. Payakumbuh harus menjadi yang terbaik dalam menggelar Pemilu dimaksud.

Malam temu ramah dalam rangka persiapan Pemilu dipimpin Kepala Kantor Kesbangpol Dra. Elfriza Zaharman,   itu dihadiri Walikota Riza Falepi, Kajari Hasbi, SH, MH, Dandim 0306/50 Kota Letkol. Inf. Trisno Widodo, Dan Den Zipur 2 Mayor CZI Alvi , Ketua KPU Hetta Membayu, SH, Ketua Panwaslu  Elfaiz, SH, Asisten  I Yoherman, Assiten II Amriul serta sejumlah perwira TNI/Polri dan pejabat di jajaran pemko.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, mengaku sangat lega dan senang,  mendengar paparan Kapolresta  AKBP Rubintoro Suhada, Sik, untuk menjamin keamanan di kota ini selama masa persiapan, penyelenggaraan dan pasca Pemilu legislatif itu.  Walikota Riza Falepi, mengajak, agar warga kota berpartisipasi aktif, dengan memelihara suasana kota tetap dalam kondisi yang kondusif.

Menurut Kapolresta Rubintoro Suhada, sukses Pemilu sangat ditentukan dari organisasi peserta Pemilu itu sendiri. Karena itu, setiap caleg, masa pendukung dan parpol, diminta sama-sama mematuhi peraturan dan perundangan yang berlaku. “Tak perlu  menunjuk pihak lain berbuat pelanggaran, terpenting benahi diri atau organisasi kita sendiri. Publik akan mampu menilai dan menetapkan pilihannya terhadap parpol atau caleg yang punya visi ke depan,” kata kapolresta.

Senada dengan kapolresta, Ketua Panwaslu Elfais, SH, juga menyampaikan hal yang sama. Ia meminta, agar semua caleg dan parpol mematuhi keputusan bersama Walikota Payakumbuh dan KPU, tentang pemasangan alat peraga kampanye.  Nyaris semua peserta mencederai keputusan bersama itu. Tapi, dengan pendekatan emosional,  Panwaslu dengan mitra kerja terkait,  tetap memberikan tindakan yang persuasif.

Sementara itu, Ketua KPU Hetta Membayu, SH, pada pertemuan yang berlangsung dalam suasana akrab dan penuh canda itu, memaparkan tahapan-tahapan Pemilu. Terhadap  penetapan daftar pemilih tetap (DPT), pihaknya telah beberapa kali melakukan penyempurnaan DPT, seperti diamanahkan KPU Pusat berdasarkan surat edaran Nomor 838, tanggal 11 Desember 2013.

Hasil penyempurnaan, DPT Payakumbuh tercatat 87.440 pemilih, berkurang 796 orang dari DPT  sebelumnya 88.236. Pengurangan, di antaranya disebabkan nama ganda dan pindah alamat ke kota/kabupaten lain. Ketua KPU berharap, penetapan DPT 18 Januari itu, mudah-mudahan sudah final. “MUdah-mudahan, penyempurnaan DPT tertanggal 18 Januari itu sudah yang terakhir,” sebutnya.

Kesbangpol Payakumbuh diminta KPU dan Panwaslu, untuk menggelar acara yang sama,  temu ramah antara unsurr aparatur penyelenggara Pemilu dengan calon legislatif dan pengurus parpol. Pertemuan itu dinilai sangat baik, untuk meminta komitmen seluruh peserta Pemilu menyukseskan pesta demokrasi ini berlangsung  tertib, aman, lancar, jujur dan adil. (zal)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)