Solok

Pemko Himbau Warga Kota Solok Hadapi Lebaran Secara Sederhana

Warta Andalas | Senin, 04 Juni 2018 - 13:11:43 WIB | dibaca: 210 pembaca

WARTA ANDALAS, SOLOK - Pemerintah daerah Kota Solok menghimbau warga Kota Solok untuk menghadapi lebaran secara sederhana dan tidak berlebihan. Mengingat pada lebaran tahun ini cukup banyak kebutuhan dan pengeluaran yang mesti dilakukan oleh sebuah keluarga, dimana pada tahun ini selain berada dibulan Ramadhan, lebaran, juga penerimaan murid baru. Artinya pengeluaran yang mesti disiapkan oleh orang tua cukup banyak, diantaranya biaya lebaran dan biaya masuk sekolah bagi orang tua yang anak-anaknya tamat pada tahun ini.

Nurzal Goestim, Kabag Humas Setretariat balaikota Solok  dalam pres realeasenya menghimbau masyarakat Kota Solok untuk berlebaran secara sederhana dengan bijaksana terutama dalam mengkonsumsi dan membeli barang kebutuhan pokok dan kebutuhan lebaran belanja sesuai kemampuan, kebutuhan dan daya beli masyarakat. Selain itu, masyarakat harus cerdas dan cermat dalam berbelanja dengan memperhatikan kadaluarsa produk, label halal dari MUI dan izin dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Begitu juga dalam bertransaksi, masyarakat diminta untuk berhati-hati dan waspada dalam penggunaan uang, terutama indikasi adanya penggunaan uang palsu. Gustim mengingatkan jika masyarakat menemukan adanya indikasi peredaran uang palsu, baik saat bertransaksi, dipasar, maupun ditempat umum untuk segera melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila menemukan dan/atau mencurigai adanya peredaran uang palsu tersebut. Kemudian, Gustim meminta masyarakat dalam menjual dan membeli barang kebutuhan pokok dan lainnya dengan harga dan jumlah yang wajar dan rasional karena ketersediaan/ stok barang mencukupi. Masyarakat juga diminta berperan aktif menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban umum dirumah dan wilayahnya masing-masing baik yang berlebaran di Solok maupun yang berencana berlebaran dikampung halaman.

Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439H Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Perdagangan dan koperasi UKM, akan melaksanakan Bazar Ramadhan mulai tanggal 5 s.d 7 Juni 2018 di Halaman Parkir Ruang Terbuka Hijau Kota Solok (Taman Syech Kukut). Pada pelaksanaan bazar tersebut juga akan diserahkan paket sembako pada masyarakat kurang mampu dan miskin secara gratis dengan pendistribusian kupon melalui kelurahan-kelurahan. Sementara itu, panitia Hari Besar Islam akan selenggarakan Takbiran sebagaimana tahun sebelumnya, namun yang berbeda dari tahun sebelumnya, kata Gustim, tahun ini diadakan di Taman Lapangan Merdeka Kota Solok yang akan dimeriahkan festival bedug takbiran serta penampilan seni budaya Solok. Sedangkan Khatib Idul Fitri direncanakan Drs. H. Syamsul Bahri, SH, MH. Disamping itu juga selesai sholat Ied akan dilaksanakan silahturrahmi idul fitri Pemerintah Kota dengan masyarakat di Taman Lapangan Merdeka untuk lebih mendekatkan pemko dengan masyarakat Kota Solok dengan melibatkan OPD terkait untuk kelancaran acara. Namun, tentunya juga telah disiapkan rencana cadangan jika cuaca tidak mendukung pelaksanaan sholat ied akan dialihkan ke Mesjid Agung Al Muhsinin Kota Solok.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk upaya menjalin silahturahmi Pemko dengan masyarakat. Walaupun selama ini selalu diadakan. Namun tahun ini hanya mengganti lokasinya yang biasanya tersebar dirumah dinas Walikota, Wakil Walikota, Sekda, tapi tahun ini dilaksanakan dilapangan terbuka sehingga masyarakat Kota Solok dapat leluasa untuk bertatap muka dengan kepala daerah” Kata Gustim.

Sementara itu, menghadapi lebaran tahun ini Pemerintah Kota melalui dinas perhubungan bekerjasama dengan Polri merencanakan akan menyiapkan 2 titik pos pengamanan lebaran yakni di Taman syech Kukut dan Pandan Ujung by pass. Juga, Dinas Pariwisata Kota Solok diadakan Pagelaran Sumarak Anak Nagari pada tanggal 19 Juni dan penampilan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang Tanggal 20 Juni, yang nantinya akan menyuguhkan hiburan kesenian daerah bagi masyarakat Solok sendiri maupun pengunjung dari luar Solok, bertempat ditaman Syech Kukut.(Zfk/Gustim/Humas)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)