Purbalingga

Pemkab Purbalingga Imbau ASN Ikut Selamatkan Petani Cabai

Warta Andalas | Senin, 11 Februari 2019 - 09:34:58 WIB | dibaca: 159 pembaca

WARTA ANDALAS, PURBALINGGA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melalui Dinas Pertanian (Dinpertan) Purbalingga mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Purbalingga untuk turut menyelamatkan petani cabai Purbalingga. Hal ini berdasarkan pada Surat Edaran (SE) Plt Bupati Purbalingga, Nomor 500/0857 tanggal 30 Januari 2019 tentang Gerakan Selamatkan Petani Hortikultura Purbalingga.

"Saya sudah membuat dan menindaklanjuti surat itu tapi ini memang belum banyak yang memesan dari ASN di Purbalingga," kata Kepala Dinpertan Purbalingga, Lily Purwati saat dihubungi kemarin.

Ia mengimbau kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Purbalingga untuk mengkoordinir pemesanan cabai di OPDnya masing-masing. Sehingga masing-masing OPD ini masing-masing dapat memesan cabai minimal 50 kg.

"Jadi jangan hanya semaunya saja pesennya, jadi tiap ASN ini dikoordinir pemesanannya jangan cuma pesen 2 kg atau 3 kg per ASNnya," ujarnya.

Lily mengatakan saat ini harga cabai di tingkat petani hanya Rp 5.000,-. Oleh karena itu, ia menjelaskan agar ASN di Purbalingga turut peduli dengan membeli cabai langsung di tingkat petani seharga Rp 15 ribu sesuai dengan yang tertera dalam SE tentang Gerakan Selamatkan Petani Hortikultura Purbalingga.

"Makanya untuk menyelamatkan kita membeli sesuai dengan harga di SE untuk menyelamatkan petani," kata Lily.

Ia menginginkan dengan adanya gerakan seperti ini, para petani hortikultura di Purbalingga tidak menanggung kerugian yang besar. Ia pun menjelaskan sebelum dikeluarkannya SE tentang Gerakan Selamatkan Petani Hortikultura, Dinpertan Purbalingga telah mengambil langkah dengan membeli cabai sebanyak 2 kuintal.

"Waktu itu saya wajibkan seluruh ASN untuk beli, untuk pejabat minimal beli 2 kg termasuk saya pun ikut membeli 10 kg dan harapannya bisa diikuti OPD lainnya," terangnya.

Dinpertan Purbalingga sendiri telah membuat Mekanisme Pemesanan Cabai dan Hortikultura lainnya yang ditujukan pada seluruh OPD di Purbalingga. 1 kg cabai merah keriting bisa dipesan seharga Rp 15 ribu, sedangkan 1 kg cabai merah besar seharga Rp 10 ribu.

"Untuk kemasan hortikultura lainnya ini terdiri dari kentang Rp 8 ribu/kg, kemudian untuk terong, timun dan kol masing-masing harganya Rp 3 ribu/kg," jelas Lily.

Gerakan ini diharapkan mampu menggerakkan kepedulian ASN untuk membeli cabai dan produk hortikultura petani Purbalingga lainnya. Selain itu, gerakan ini pun diharapkan mampu membantu para petani hortikultura di Purbalingga.

"Ini akan berlangsung sampai nanti harga sudah layak di tingkat petani dan petani merasa diuntungkan dengan harga yang sesuai dengan hasil kerja kerasnya," pungkasnya. (PI-7)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)