50 Kota

Pemkab Limapuluh Kota Serahkan Bantuan PKH pada 5.056 Warga Miskin

Warta Andalas | Senin, 27 Januari 2014 - 21:40:23 WIB | dibaca: 1010 pembaca

WARTA ANDALAS, LIMAPULUH KOTA - Sebanyak 5.056 rumah tangga sangat miskin (RTSM) di Kabupaten Lima Puluh Kota menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Bupati setempat berharap masyarakat bertekat untuk tidak menjadi orang peminta-minta.

“Kita harus memperbaiki tekat kalau kita bukan orang peminta-minta,” tutur Bupati Lima Puluh Kota Alis Marajo dalam sambutannya pada acara penyerahan bantuan kepesertaan PKH serta penyerahan peralatan pendukung kepada petugas pendamping PKH Kabupaten Lima Puluh Kota di gedung serbaguna Kecamatan Payakumbuh, kemarin.

Dikatakan, bantuan PKH merupakan tanggungjawab pemerintah terhadap masyarakat. Program ini mempunyai  kerangka pemikiran bagaimana meningkatkan kualitas dan produktifitas masyarakat. Masyarakat perlu mengetahui apa maksud dari program tersebut.

Bupati mengajak masyarakat tidak mau dianggap orang miskin apalagi sangat miskin. Bantuan-bantuan pemerintah seperti PKH ini adalah kewajiban pemerintah dan kewajiban institusional negara untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat.

“Kabupaten Lima Puluh Kota bukan daerah miskin tetapi masyarakatnya masih ada yang belum mampu dengan penerimaan yang lebih kecil dari pengeluaran. Namun, kita jangan merasa malu dikatakan senbagai orang miskin. Sebab, faktanya pemimpin brilian yang lahir dari keluarga miskin,” papar Alis.

Sebelumnya kepala Dinas Sosnakertrans Kabupaten Lima Puluh Kota Nasriyanto, ST dalam laporannya mengatakan tujuan PKH ini adalah untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terutama pada kelompok keluarga miskin. Jumlah peserta PKH ini sebanyak 5.056 dengan total bantuan Rp3.519.175.000. Khusus untuk Kecamatan Payakumbuh bagi 442 RTSM dengan jumlah bantuan keseluruhan Rp863.100.000.

Sementara itu Kepala Bidang Bantuan Jaminan Sosial Dinas Sosnakertrans Afdal, S.Sos kepada wartawan di sela acara tersebut memaparkan, total bantuan tahap IV tahun 2013 yang dibagikan itu sebesar Rp3,5 milyar lebih. Sedangkan tahun 2014 diperkirakan mencapai Rp9,7 milyar. (zal)

 





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)