Agam

Pemkab Agam Usulkan Kerjasama dengan Kemen LHK

Warta Andalas | Selasa, 09 Januari 2018 - 00:20:53 WIB | dibaca: 66 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Usulan Kerja sama Pemerintah Kabupaten Agam dengan Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KEMENLHK) terkait dengan konserfasi sumber daya alam di Kabupaten Agam.

Asisten II Pemkab Agam Isman Imran, senin (8/1), mengatakan kawasan lindung, kawasan suaka marga satwa, kawasan hutan cagar alam dan yang lainya pengelolaanya perlu kerja sama dengan pihak yang lebih paham tentang ilmu konserfasi seperti KEMENLHK, agar tidak salah dalam pengelolaanya dan juga kita bisa mewujudkan sesuai dengan kewenangan yang ada.

"Perjanjian itu akan diwujudkan dalam bentuk kerja sama dengan pihak BKSDA agar bisa memberikan bimbingan kepada Pemkab Agam untuk menjelaskan lokasi-lokasi mana yang harus di kembangkan" ujarnya.

Salah satunya kawasan yang harus dikonserfasi adalah tempat habitat alami tumbuhnya salah satu bunga langka yaitu bunga raflesia yang di jumpai di kawasan hutan cagar alam maninjau.

Kepala Seksi Wilayah Satu, Khairi Ramadhan menyatakan BKSDA agam merencanakan akan meteliti lebih lanjut habitat dari bunga raflesia itu, dan mengusulkan Kepemerintah Pusat untuk menjadikan lokasi Pusat Penelitian Raflesia di Indonesia.

"Di Cagar Alam Maninjau ini ditemukan yang sudah lapuk/akan menjadi tanah ada 5 buah, yang sedang mekar ada 3 buah dan yang bakal akan mekar di temukan ada 43 buah, sedangkan di daerah lain jumlah yang di temukan hanya 2-3 buah saja" ujarnya.

Khairi Ramadhan menyatakan menurut informasi dari ahli raflesia Agus Prasetia mengatakan jenis dari bunga raflesia yang di temukan di hutan cagar alam maninjau belum pernah di temukan sebelumnya di indonesia, bunga yang di temukan ini jenisnya agak mendekati kepada jenis bunga Raflesia tuan-mudae.

"Besar kemungkinan jenis dari bunga Raflesia ini adalah jenis baru," ujarnya.

Sementara itu, masih dilakukanya penelitian lebih lanjut mengenai jenis bunga ini. (khw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)