Agam

Pemkab Agam Gelar Festival Ramadhan di Masjid Nurul Falah

Warta Andalas | Sabtu, 09 Juni 2018 - 10:02:04 WIB | dibaca: 165 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Pemerintah Kabupaten Agam, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Festival Ramadhan 1439 Hijriyah bagi siswa Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat daerah, di Lubuk Basung, Selasa (5/6).

Festival dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, H. Martias Wanto Dt Maruhun, dan dihadiri beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau yang mewakili serta pengawas sekolah SD dan SMP se-Agam.

Dalam sambutannya, Martias Wanto mengapresiasi pelaksanaan Festival Ramadhan tersebut, karena dinilai mampu meningkatkan dan memantapkan pengamalan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan peserta didik.

"Kegiatan yang dilombakan dalam Festival adalah Musabaqah Hifzil Quran (MHQ), Mushalla serta WC bersih dan One Day One Ayat atau Maghrib Mengaji. Ini merupakan program cerdas Kabupaten Agam, yang selalu dilaksanakan di bulan Ramadhan setiap tahunnya," ujarnya.

Dikatakan Martias Wanto, kegiatan yang digelar itu sejalan dengan gerakan Nagari Madani, yang dicanangkan Bupati Agam dua tahun lalu, sehingga pihaknya mendorong masyarakat untuk memaksimalkan pelaksanaan kegiatan keagamaan di masjid sekitar tempat mereka tinggal, salah satunya menggiatkan baca Al-Qur'an.

"Hal itu karena pendidikan Tahfidzul Al-Qur'an yang berkualitas melalui membaca, mengetahui dan memahami nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, yang berfungsi sebagai pengenalan, pembiasaan dan penanaman nilai karakter mulia," ujarnya pula.

Dengan demikian, Sekda Agam itu berpesan kepada siswa yang ada di daerah itu, berjuanglah dengan sungguh-sungguh dan selalu bertekad untuk menjadi penghafal Al-Qur'an. Tingkatkan motivasi untuk mempelajari Al-Qur'an dan senantiasa menjaga diri dari kemaksiatan.

"Kepala sekolah dan guru pendamping diharapkan memaksimalkan pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di sekolah masing-masing, sehingga ke depan lebih banyak lagi Tahfidz di Agam," ujarnya berharap.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Agam, Isra menyebutkan, kegiatan lomba Mushala dan WC bersih serta Maghrib Mengaji sudah digelar beberapa waktu lalu, dan lomba MHQ merupakan acara puncak pada Festival Ramadhan 1439 hijriyah.

"Peserta yang mengikuti MHQ tingkat SD sebanyak 48 orang dan SMP 25 orang, kegiatan digelar di dua tempat, yaitu di Masjid Agung Nurul Fallah dan Al-Hikmah Lubuk Basung. Mereka adalah utusan kecamatan yang ada di Agam," ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan ini digelar seiring gerakan Nagari Madani, tepatnya pada kriteria pertama yaitu melaksanakan pendidikan informal terutama Al-Qur'an, membaca, pemahaman, pengamalan, dan penghafalan.

"Mudah-mudahan dengan digelarnya kegiatan tersebut, semakin banyak tahfidz di Agam, sehingga menjadi daerah baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur," ujarnya berharap. (khw)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)