Agam

Pemkab Agam Bentuk Petugas Pengawas Penjualan Daging Sapi

Warta Andalas | Senin, 03 Juni 2019 - 18:17:39 WIB | dibaca: 175 pembaca

WARTA ANDALAS, AGAM - Jelang Lebaran 2019, Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Pertanian membentuk petugas pengawas penjualan daging sapi.

Kasi Kesmavet Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Iswan Hendri, saat dikonfirmasi via ponsel, Minggu (2/6) di Lubuk Basung mengatakan, tim monitoring tersebut disebar ke disetiap kecamatan yang melakukan pemotongan.

“Ada sebanyak 31 petugas yang melakukan monitoring dan pemeriksaan sejak kemarin sampai hari rabu hari pemotongan,” ujar Iswan.

Ke-31 petugas tersebut tersebar di 8 kecamatan yang akan melakukan pemotongan masyarakat atau sistem barantam. Diantaranya, Kecamatan Tanjung Mutiara, Lubuk Basung, Palembayan, Ampek Nagari, Matur, Tanjung Raya, Malalak dan Palupuh.

Iswan menjelaskan, pihaknya menerjunkan petugas ke lapangan guna memastikan jika daging sapi disembelih masyarakat tidak terinfeksi penyakit berbahaya.

“Namun, selama ini belum ada kita temukan daging yang berbahaya di tengah masyarakat, mungkin sistem pemotongan di Kabupaten Agam bersifat kekeluargaan/gotong royong atau disebut dengan “barantam”,” ujarnya menerangkan.

Terkait harga penjualan daging di pasaran nanti, pihaknya memprediksi tidak terjadi kenaikan harga karena stok daging di Kabupaten Agam mencukupi.

“Hal ini juga dibarengi oleh sistem barantam yang dibuat oleh masyarakat,” pungkasnya. (md)





Komentar : 0


Nama

Email

Komentar



(Salin kode keamanan diatas)